Pantai Nanggelan

0
1132

Pantai Nanggelan Surga Tersembunyi di Jember

Pantai Nanggelan adalah salah satu pantai yang masih sekeluarga sama pantai watu ulo dan pantai Papuma Jember. Disebut sekeluarga karena pantai ini masih segaris dan sedaratan dengan kedua pantai itu.

Pantai ini masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Taman nasional ini mencakup dua Kabupaten sekaligus untuk wilayah selatan Jawa Timur, yakni Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Kabar baiknya, Lokasi Pantai Nanggelan masih masuk wilayah Kabupaten Jember.

Berbeda dengan sejarah pantai-pantai lainnya yang notabene masyarakat sekitar berprofesi sebagai nelayan, di lokasi sekitar pantai Nanggelan hampir tidak ada pemukiman manusia. Murni hutan natural dan perkebunan pohon jati. Jadi wajar aja kalo jarang manusia yang nampak disini, kecuali bapak-bapak penebang pohon jati atau masyarakat sekitar yang mencari kayu di hutan.

Hanya Petualang Sejati yang Bisa Datang Menikmati

Untuk mencapai dan menemukan sesuatu yang indah terkadang membutuhkan proses yang tidak mudah.Mungkin hal tersebut jadi kiasan yang dapat menggambarkan Pantai Nanggelan Jember.Pantai Nanggelan berada di Dusun Blater, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo. Namun, akses jalan yang sulit serta petunjuk jalan yang minim membuat tak semua orang mengetahui dan menjamah Pantai Nanggelan.Pantai Nanggelan ini mungkin masih asing bagi para pelancong yang berasal dari luar Jember.Hal itu karena lokasi Pantai Nanggelan tersembunyi di balik gunung di Desa Curahnongko.

Pantai Naggelan ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai Bandealit dimana lokasinya berada di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang masih terjaga keasriannya. Jadi jangan heran jika saat berkunjung disini kalian akan menemukan tantangan di jalurnya karena memang hingga kini jalur menuju pantainya belum mendapat perbaikan seperti pantai wisata pada umumnya. Tapi sisi baiknya hal inilah yang menjaga kelestraian ekosistem disana dan menjadi destinasi dengan tantangan tersendiri di Jember. Lokasi pantainya sangat jauh dari pemukiman dan bukan merupakan lokasi penangkapan ikan dari kapal nelayan sehingga menambah suasana kesepian dari pantai Nanggelan.

Pada pandangan pariwisata, pantai Nanggelan masih sebatas dikenal oleh masyarakat Jember khususnya bagi mereka pegiat aktivitas olaraga seperti berkemah, lari dan sepeda gunung. Jadi jangan heran jika banyak wisatawan dari luar kota yang melewatkn datang kemari saat berwisata ke jember.

Memiliki akses jalan yang sulit, dan harus mendaki bukit dulu untuk menikmatinya, membuat pantai ini jarang dijamah oleh wisatawan. Dalam perjalanan menuruni bukit, suasana pantai mulai terasa.Terdengar bunyi ombak yang begitu jelas disertai dengan birunya laut yang memanjakan mata.

Keindahan Nanggelan

Pantai di selatan Jawa selalu memiliki daya tarik tersendiri. Termasuk pantai Nanggelan yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Jember ini. Pantai ini merupakan pantai yang sangat indah dan masih sangat sepi. Bahkan pantai ini memang belum memiliki aneka fasilitas wisata, sehingga bisa dikatakan pantai ini merupakan pantai perawan yang patut untuk dikunjungi, khususnya bagi para wisatawan yang suka akan keindahan alam di tempat-tempat yang masih tersembunyi.

Pasir pantai di tempat ini memiliki warna cokelat moka. Dan karena masih berada di samudera hindia, tentunya ombak di pantai ini terbilang cukup besar. Akan tetapi, keindahan alam yang masih sangat alami akan benar-benar memanjakan mata. Apa lagi pantai ini juga masih sangat sepi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Jika beruntung, Anda bahkan bisa menikmati pantai ini seperti pulau pribadi.

Di pantai ini juga ada area pantai berbatu. Ada juga sebuah sumber mata air di tepi pantai yang sering digunakan para wisatawan yang mendirikan tenda di sekitar pantai. Jadi, bisa dikatakan, walau pantai ini belum memiliki fasilitas wisata khusus seperti toilet, mushola, atau warung makanan, untuk mendirikan tenda di sana tidak akan sulit, mengingat ada sumber air tawar yang bisa dimanfaatkan untuk memasak, berwudhu, dan sebagainya.

Kegiatan Seru di Nanggelan

Jika Anda berencana mengunjungi Pantai Nanggelan ini saat berlibur di Jember dan sekitarnya, jangan bingung untuk memilih aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Karena walau pantai ini terbilang masih perawan, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Menikmati keindahan pantai yang sepi

Suasana di Pantai NangelanTentunya tujuan utama dari wisata pantai adalah untuk menikmati suasana pantai yang indah. Suasana tersebut bisa Anda temukan di pantai berpasir cokelat ini. Pantai yang masih sepi juga tentunya memiliki keistimewaan tersendiri, karena wisatawan bisa mengeksplor tempat ini tanpa harus terganggu dengan lalu lalang kendaraan maupun wisawatan lainnya.

  1. Mendirikan tenda

Siluet-wisatawan-tengah-menikmati-keindahan-Pantai-Nanggelan-di-tendanya.jpgPengunjung-di-Pantai-Nanggelan.jpgBagi para wisatawan yang suka camping, lokasi ini bisa dijadikan lokasi untuk camping dan menginap. Anda bisa mendirikan tenda di dekat area sumber air agar lebih mudah dalam aktivitas camping. Lokasi pantai ini juga masih dijaga oleh petugas dari Taman Nasional Nasional Meru Betiri sehingga memang aman untuk mendirikan tenda.

  1. Memancing dan mencari hewan laut

Hal seru lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Nanggelan adalah memancing. Banyak orang-orang yang sudah membuktikan bahwa lokasi pantai ini adalah salah satu lokasi terbaik untuk memancing. Wisatawan yang memasang tenda di pantai ini bisa mengagendakan memancing sebagai aktivitas seru dengan membawa alat pancing sebagai Tips Packing Liburan ke Pantai. Hitung-hitung untuk menghemat biaya makan dengan mencari ikan segar, kerang-kerang, bahkan udang untuk makan malam.

  1. Trekking

Bagi wisatawan yang suka trekking dan mengeksplor kawasan wisata secara lebih alami, tentu lokasi pantai ini akan sangat cocok untuk Anda. Hal ini dikarenakan sebelum sampai di pantai, pengunjung memang wajib jalan kaki melewati jalan setapak yang cukup terjal terlebih dahulu. Namun keindahan pantai tentunya bisa melepaskan lelah yang ada.

 

 

 

  1. Menikmati matahari terbenam

Jika ingin mengunjungi pantai ini memang disarankan untuk mendirikan tenda alias camping. Salah satu alasannya adalah karena pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangatlah indah untuk dinikmati. Hal ini disebabkan karena pantai ini memang mengarah condong ke arah barat, sehingga Anda bisa mendapatkan pemandangan senja di Nanggelan jika beruntung dan jika cuaca sedang cerah. Selain itu, perjalanan yang cukup melelahkan tentunya akan lebih indah untuk dinikmati lebih lama, yaitu dengan camping di sana.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan Kab Jember 2022

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Jember. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan adalah Rp10.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan adalah Rp20.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Jam Buka dan Tutup Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan Kab Jember

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Jember. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan.Obyek Wisata Alam Pantai Nanggelan buka jam 24 jam dan tutup jam. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.

Rute Menuju Pantai Nanggelan

Banyak jalan menuju Roma, sama halnya dengan rute menuju Pantai Nanggelan. Kalo dulu banget, akses menuju pantai nanggelan cuma satu. Tapi sekarang, ada 3 rute berbeda untuk sampai di Pantai Nanggelan,

Menuju Tempat Parkir

Rute menuju tempat parkir terakhir dibedakan atas 3 jalan guys, bisa lewat Curahnongko, Jalur Lintas Selatan, dan arah menuju Pantai Watu Ulo.

Lewat Curahnongko ( Jalur Lama)

Rute pertama yakni lewat Pabrik kayu jati di Curahnongko, terus masuk ke areal perkebunan kopi, setelah itu masuk ke pemukiman masyarakat desa pertama, lepas itu masuk perkebunan Jati, dan seterusnya sampai jalan bener-bener habis.

Semua itu dilalui dengan penuh semangat kesabaran. Soalnya akses yang dilewati berupa jalan makadam. Buat kalian yang ngga tau jalan makadam, yaitu jalan dengan kontur tanah berpasir dan berbatu besar. Ketika hujan juga bechek. Bener-bener butuh effort lebih tuk bisa stouch down ke pantai Nanggelan.

Masih bicara akses jalan, rekomendasi kendaraan yang saya sarankan ialah motor. Meski mobil tipikal offroad bisa lewat, tapi yang jadi masalah saat parkir. Bakal kepikiran kalo mobil ditinggal gitu aja. Kecuali kalian menitipkan mobil di masyarakat desa terakhir.

Setelah kenyang dengan jalan yang bergelombang, checkpoint terakhir yakni tempat parkir di tengah-tengah hutan Jati. Disana tersedia fasilitas tempat parkir khusus kendaraan roda dua yang dijaga oleh seorang masyarakat sekitar. Asal kalian tau, tempat parkir ini jauh dari pemukiman warga setempat. Bener-bener di tengah hutan Jati. Jadi jangan tanya bapak penjaga motor wisatawan tidur dimana. Pastinya semalaman beliau tidur di tempat parkir sembari menjaga motor kita.

Untuk parkir motor disana biayanya relatif murah, yakni Rp15.000 saja per motor. Terbilang cukup murah karena effort bapak penjaga parkir sangat WOW.

Lewat Jalur Lintas Selatan

Untuk lewat jalur ini, patokan utama yakni Glantangan Golf Jember. Patokan artinya check point pertama. Setelah sampai, ikuti aja penunjuk jalan arah ke Pantai Nanggelan. Lewat jalur ini terbilang asyik karena jalan beraspal mulus dan melewati perkebunan milik PTPN.

Tapi jangan seneng dulu guys, meski lewat jalur ini tetep aja kalian bakal lalui jalan makadam juga. Dan pada akhirnya juga jalan kaki. Uhh

Lewat Jalan Menuju Pantai Watu Ulo

Rute yang satu ini bisa kita lalui lewat jalan utama menuju Pantai Watu Ulo. 3 km sebelum masuk kawasan Pantai watu ulo ada perempatan kecil. Ambil yang kekiri. Setelah itu masuk ke pemukiman atau desa. Ikuti saja jalan tanpa belok-belok.

Rute ini sangat rekomendasi karena akses jalan yang dilalui bukan jalan makadam melainkan kontur tanah berpasir terus. Jika ingin menggunakan rute yang satu ini dianjurkan menggunakan sepeda motor karena mobil tidak muat. Perjalanan lewat rute ini cukup jauh tetapi akses jalannya mantep banget meski ngga aspal.

Menuju Lokasi Pantai Nanggelan

Setelah proses parkir-memarkir selesai, petualangan baru aja dimulai. Setelah meninggalkan tempat parkir kita diharuskan jalan kaki mendaki gunung melewati lembah. Kaya ninja hatori guys.

Ketika mulai masuk ke hutan, disinilah cerita serunya. Jangan kaget kalo ada hewan-hewan liar berkeliaran. Yang pasti sedia parang atau celurit untuk jaga-jaga guys. Perjalanan di dalam hutan memakan waktu kira-kira satu jam saja.

Perjalanan selanjutnya ialah mendaki bukit. bukit yang dimaksud bukanlah bukit-bukit yang tinggi. Kira-kira tingginya 100 meter dengan kontur jalan yang berpasir dan terjal. Semua kalangan pasti mampu laah mendaki bukit ini. Jangan lupa istirahat di puncak bukit, meski hanya sekedar duduk dan minum air mineral.

Selesai istirahat bersiaplah untuk jalan lagi. Tapi kali ini bukan jalan mendaki melainkan menuruni bukit. Ngga bakal capek karena disini suara ombak sudah mulai terdengar kok, bikin semangat nambah lagi. Habis gelap terbitlah terang, setelah mencapai kaki bukit, disitu pula perjalanan kalian selesai. Maksudnya bener-bener sampai pada tujuan. Yakni Pantai Nanggelan nan ciamik.

Fasilitas Alam

Kenapa fasilitas alam? Karena disini sama sekali ngga ada fasilitas yang dibuat manusia. Semua dibuat tuhan. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya pemandangan pasir putih yang panjang hingga ujung pantai. Air laut yang biru jernih juga membuat mata jadi seger.

Bila kalian melihat ke sisi kiri pantai, terlihat muara dengan air tenangnya ditambah bukit yang ditanami pohon-pohon tinggi yang menjulang keatas. Diatasnya tak sedikit burung-burung besar seperti elang laut yang bertengger.

Fasilitas-fasilitas ini sebenernya ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata, cukup datang dan rasakan sendiri sensasi suasananya. Tak ketinggalan untuk fasilitas alam yang terakhir sekaligus daya tarik utama pantai ini ialah sumber air yang keluar dari bawah tanah. Air yang dikeluarkan ngga cuma seger, tapi superduper seger dan tawar guys.

Tips Wisata

Untuk berwisata ke Pantai Nanggelan, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Dirikan tenda di sekitar sumber mata air agar kegiatan camping lebih berjalan dengan lancar.
  • Hindari mendirikan tenda di dekat bibir pantai atau di batas pasang air, karena ombak yang besar bisa pasang di malam hari.
  • Jangan mandi di laut atau bermain air di laut karena ombak sangat tinggi. Jadilah wisatawan yang cerdas dan selalu menjaga keamanan diri sendiri.
  • Selalu bawa Perlengkapan Camping di Pantai yang lengkap mengingat fasilitas wisata di sini belum lengkap.
  • Tetap jaga kebersihan dan sopan santun saat berwisata, menginat lokasi ini masih sangat sepi dan dekat dengan hutan alami.
  • Saat berwisata di musim kemarau, kemungkinan akan lebih sulit untuk menemukan sumber air tawar

Bermalam Di Pantai Nanggelan

Pemandangan indah di pantai nanggelan kurang lengkap rasanya kalo ngga bermalam disini. Waktu-waktu terbaik disini yakni pas golden hour, yaitu saat momen sunset dan sunrise.

Saat malampun Pantai Nanggelan sangat tenang dan cucok untuk sekedar berkumpul diiringi api unggun. Jangan lupa isi perut kalian dengan bakar ikan atau ayam atau apalah sesuka kalian.

Yaudah segitu aja kira-kira cerita pengalaman di Pantai Nanggelan ini, yang pasti selalu ingat untuk terus menghargai dan mencintai alam dengan TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here