Wisata Argopuro Garden

0
799

Destinasi Baru di Ujung Barat Kabupaten Jember

Dulu, orang pergi ke sawah untuk bekerja. Sekarang, (sebagian) orang pergi ke sawah untuk berwisata. Zaman telah berubah, begitu juga orang-orangnya. Ah, memang tak ada yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri.

 

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!

Dilahirkan dan dibesarkan di lingkungan pedesaan, saya begitu akrab dengan sawah. Saat kecil dulu, sawah menjadi play ground saya dan teman-teman. Tak hanya berlarian mengejar layangan di pematang sawah, kami juga sering mencari sayur-sayuran seperti kangkung, genjer, dan sayur-sayuran lain yang sekarang susah didapatkan. Jika sudah dapat sayur, kami tak khawatir dimarahi orang tua saat pulang main. Hehehe….

 

Sekarang, tempat tinggal saya pun bersebelahan dengan sawah. Mewah, kata orang, alias mepet sawah. Setiap hari saya melihat sawah. Meski demikian, saya tetap tertarik dengan sawah yang dijadikan tempat wisata.

 

 

Wisata Argopuro Garden

Sekitar bulan Februali 2018 lalu, sempat ramai di grup Facebook Info Warga Jember tentang sawah yang disulap menjadi tempat wisata cantik. Wisata Argopuro Garden, demikian namanya. Berlokasi di Kecamatan Tanggul dan tak jauh dari objek wisata Patemon Tanggul, tempat wisata baru ini menambah daftar destinasi wisata Jember, khususnya di Jember bagian barat. Karena lokasinya juga tak jauh dari rumah saya, maka saat pulang kampung beberapa waktu lalu saya sempatkan berkunjung ke tempat wisata baru ini.

Wisata Argopuro Garden

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari rumah saya untuk sampai di Wisata Argopuro Garden. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp3.000,00 per orang, saya menyusuri gang di antara dua rumah, menuju halaman belakang. Pertama, saya disambut dengan pohon-pohon sengon yang batangnya berwarna-warni. Eits, jangan salah, pohon-pohon tersebut tidak dicat seperti batu-batu kali yang sempat viral itu, melainkan dililit kain warna-warni. Di bagian atas, banyak bola yang juga berwarna-warni tergantung di antara tali yang terhubung antarpohon. Beberapa hammock juga dipasang di pohon-pohon tersebut. Gazebo-gazebo juga dibangun mengelilingi kebun sengon. Beberapa rombongan terlihat beristirahat di gazebo-gazebo tersebut, melepas lelah dan menikmati suasana yang teduh.

Wisata Argopuro Garden

Tak jauh dari kebun sengon yang penuh warna, beberapa petak sawah dihias sedemikian rupa menadi spot foto yang instagramable. Sayangnya, saat saya berkunjung, sebagian besar petak sawah telah melewati masa panen. Bibit padi baru ditanam di tanah yang kecokelatan. Hanya satu petak tanah di sebelah barat yang masih menghijau.

Wisata Argopuro Garden

Sebuah rumah pohon dibangun sebagai gardu pandang untuk menikmati keseluruhan pemandangan dari atas. Dan tentu saja, juga sebagai spot foto. Sebagian orang bergantian naik ke rumah pohon. Sebagian lagi ayik berfoto di spot-spot lain di bawah. Sementara itu, serombongan murid-murid SD datang beramai-ramai bersama bapak dan ibu guru mereka. Sebelumnya, saya juga melihat rombongan anak TK berjalanan mengular di pematang sawah, dibimbing oleh guru mereka di barisan paling dengan dan belakang.

Wisata Argopuro Garden

Sinar matahari yang mulai panas di pagi menjelang siang itu tak menghalangi mereka untuk mengeksplorasi Wisata Argopuro Garden sekaligus belajar dari alam. Selain sebagai spot foto, tempat ini memang dibuka untuk wisata edukasi, meski sampai saat ini masih dalam proses pengembangan.

 

Wisata Argopuro Garden

Turun ke petak sawah bagian bawah yang masih hijau, sebuah spot foto berbentuk love menjadi daya tarik bagi pengunjung. Murid-murid yang datang bersama gurunya berfoto di spot tersebut. Sementara, pengunjung lain mengantre sembari menikmati hijaunya daun-daun padi yang menyejukkan mata.

 

Wisata Argopuro Garden

Mungkin sebagian orang akan berpendapat—seperti yang sudah-sudah, bahwa tempat seperti hanya tempat wisata alay yang sudah tidak alami lagi karena penambahan spot-spot foto di sana-sini. Namun, mari lihat lagi dari sisi lain. Masa kecil dan remaja generasi sekarang tentu berbeda dengan generasi millenial dan generasi-generasi sebelumnya yang baru akrab dengan teknologi saat mulai beranjak dewasa.

Wisata Argopuro Garden

Dulu, kita bermain pasar-pasaran di kebun belakang rumah, masak-masakan, mandi di sungai, berlarian di pematang sawah, dan permainan-permainan lain yang dekat dengan alam. Jauh berbeda dengan anak kecil atau remaja saat ini yang sudah akrab dengan teknologi. Mereka memang masih bermain masak-masakan atau bercocok tanam, tapi semua itu dilakukan lewat layar gawai yang sulit lepas dari genggaman.

 

Wisata Argopuro Garden

Manusia urban zaman sekarang telah menjadi “generasi ruang” yang sebagian besar waktunya dihabiskan di dalam ruangan; sekolah, kuliah, bekerja, istirahat, bahkan mencari hiburan. Cahaya matahari sering kali dihindari, tetapi kita justru menggantinya dengan cahaya lampu di dalam ruangan. Belum lagi pengharum ruangan yang disemprotkan untuk menciptakan bau harum di hidung namun justru mengotori paru-paru.

 

Wisata Argopuro Garden

Maka, adanya tempat wisata seperti Wisata Argopuro Garden menurut saya patut diapresiasi. Atau minimal, tak perlu melabelinya sebagai tempat wisata alay. Sebab, Wisata Argopuro Garden bukan semata pemberdayaan ekonomi bagi warga sekitar, tetapi wisata murah meriah seperti ini mendorong banyak orang untuk beraktivitas di luar rumah, membuat Jember makin rame, menciptakan interaksi, dan tidak lagi menjadi “generasi ruang” yang enggan melihat dunia luar.

Lokasi wisata Argopuro Garden

Lokasi wisata Argopuro Garden ini terletak di alamat Jalan Jerukan RT.4 / RW.6, Patemon, Tanggul, Krajan I, Patemon, Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68155.
Lokasi wisata ini memang sedikit jauh dari pusat Kota Jember kalian akan menempuh jarak sejauh kurang lebih 20 KM atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

 

Wisata Argopura Garden; Destinasi Baru di Ujung Barat Kabupaten Jember -  AyuniverseDi sepanjang jalan menuju wisata Argopuro Garden ini kalian akan menjumpai pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Jadi kalian tidak akan merasa bosan di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata Argopuro Garden Jember.
Gunung Argopuro adalah salah satu gunung yang ada di Jawa Timur. Namun status Gunung ini bukan gunung berapi aktif, Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk mengunjungi tempat wisata Argopuro Garden kapan saja.
Pesona Jember - Wisata Argopuro Garden - Photo By: FB... | FacebookJika kalian masih bingung dengan lokasi wisata Argopuro Garden Jember tenang Jember Terbina akan membagikan map lokasinya.

 

Harga tiket masuk dan jam buka wisata Argopuro Garden Jember

Harga tiket masuk wisata Argopuro Garden Jember ini terbilang sangat murah meriah ya top wisata lover. Sebab kalian hanya membayar Rp3.000 saja per orang kalian sudah bisa menikmati semua wahana yang ada di Wisata Argopuro Garden Jember.

 

Harga tiket masuk wisata Argopuro Garden ini tidak berubah meskipun hari itu weekday, weekend ataupun high season. Tetap harga tiket masuknya Rp3.000 per orang.
Nuansa wisata yang syarat dengan keindahan alam ini saya rasa cocok untuk liburan dengan keluarga.

 

Kenapa bisa cocok dengan tempat wisata untuk liburan dengan keluarga ?

 

Harga tiket masuk yang sangat murah meriah yaitu Rp3.000 per orang. Coba Bayangkan saja jika anggota keluarga kalian datang dengan 6 orang dan satu mobil. Kalian hanya membayar Rp18.000 untuk biaya tiketnya dan Rp5.000 untuk parkir kendaraannya.

 

Suasana alam yang begitu nyaman dan sangat cocok untuk refreshing keluarga. Kalian tahu kan kota Surabaya yang begitu padat dan rumitnya. Setiap hari ada saja jalan-jalan kota yang macet karena arus lalu lintas kendaraan yang begitu padat. Jadi dengan mengunjungi tempat wisata Argopuro Garden ini masakan langsung menjadi fresh kembali.

 

Tempat wisata Argopuro Garden ini memiliki area Spot foto kekinian sehingga para pengunjung yang datang ke sini bisa gaya-gayaan upload foto di sosial media.

 

Jam buka tempat wisata Argopuro Garden ini mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 17 sore dan Buka setiap hari. Jadi kita kita yang dari luar kota bisa leluasa untuk mengatur Jadwal kunjungan di tempat wisata yang Epic ini.

 

Fasilitas yang ada di tempat wisata Argopuro Garden Jember

 

Fasilitas yang ada di tempat wisata Argopuro Garden Jember ini terbilang masih sangat minim ya karena tempat ini dibangun dari dana desa dan diolah oleh masyarakat setempat.
Wisata Argopuro Garden Spot Foto Terbaru di Kota Jember - jibriliatourNamun untuk fasilitas seperti kamar mandi, toilet, mushola, area parkir, gazebo, tempat makan, tempat beli oleh-oleh. Semuanya sudah tersedia di sini, meskipun Kondisinya masih sangat perlu dikembangkan agar menjadi tempat wisata yang ikonik bagi Jember.

 

Galeri foto wisata Argopuro Garden Jember

Wisata Tengah Sawah Leuwi Ereng, Tempat yang Nyaman untuk Berakhir Pekan  Bersama Keluarga Halaman 2 - Kompasiana.com

Suasana alam pedesaan yang begitu indah di kanan kiri terdapat tanaman padi yang hijau terpampang luas di tempat wisata Argopuro Garden Jember

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here