Kotok Forest Park

0
315

Wisata Hutan Berhiaskan Spot Instagenik di Jember

Tidak kalah dengan kota lainnya di Indonesia, Jember juga terus mengembangkan daya tarik wisata yang dimilikinya. Jember memang selama ini identik dengan Pantai Papuma yang menawan, tapi sekarang banyak alternatif lainnya yang bisa kamu jadikan jujukan saat bepergian ke Jember. Salah satunya adalah destinasi wisata Kotok Forest Park yang sayang sekali untuk dilewatkan.

1. Wisata Baru yang Hits

Kotok Forest Park merupakan destinasi wisata baru yang dikembangkan oleh KPH Perhutani Jember, lokasinya memiliki luas 6 hektar. Tempatnya berada di Desa Umuksari, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Jika ditempuh dari pusat kota Jember, lokasi wisata berbasis hutan dengan wisata kekinian ini memiliki jarak 15 kilometer saja. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun juga roda empat. Sudah ada tempat parkir yang memadai.

2. Tawarkan Hutan dengan Warna Warni Spot Kekinian

Sebagai wisata baru, bisa dibilang Kotok Forest Park ini berhasil menyedot perhatian muda-mudi. Pasalnya, di dalamnya menyuguhkan banyak spot kekinian yang cocok jadi loaksi selfie hits. Contohnya ada ayunan, rumah ala suku Indian, payung warna-warni, jembatan layang, gardu pandang, dan lain sebagainya. Spot kekinian dipadu dengan hijaunya hutan, membuatnya jadi Instagenik.

3. Wisata Ramah untuk Anak-Anak

Tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang dewasa saja, Kotok Forest Park ini juga ramah untuk anak-anak. Di dalamnya adalah berbagai wahana permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak, dan tentu saja ini didesain sedemikian rupa dan aman. Ada seluncuran, jembatan gantung, bisa juga berkeliling dengan menggunakan ATV yang disewakan. Lokasi permainan anak-anak itu jadi satu tempat yang bermana Outbond kids. Cocok jadi destinasi wisata keluarga juga.

4. Informasi Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Buat kamu yang tertarik traveling ke Kotok Forest, datang saja pukul 09:00 sampai 17:00 WIB. Saat akan datang, pastikan cuaca sedang bagus, tidak hujan dan tidak terlalu terik supaya liburan tetap nyaman dan membawa kesan yang menyenangkan. Sementara itu untuk tiketnya sendiri bisa dibilang sangat hemat, hanya Rp 3.000 per orang. Ditambah biaya parkir roda dua Rp 2.000, dan roda empat Rp 5.000. Jika ingin mencoba berbagai wahana yang ditawarkan, akan dikenakan biaya tambahan.

Kotok Forest Park

Untuk First impression di TKP sih yang paling pertama tuh suasananya, aura dari tempat ini. Baru deh keliatan pintu masuknya yang lumayan laah. Entah kesalahan atau kebetulan, saya datang ke tempat ini pada hari Rabu siang sekitar jam 12.00 . Fulus juga udah disiapkan untuk biaya tiket masuk. Menurut video diatas, biaya tiket masuknya Rp 5000 aja.

Suasana Sebelum Pintu Masuk

suasana sebelum pintu masuk

Sedihnya, semua yang terbayangkan di kepala seketika rada patah setelah sampai di TKP. Warna suasananya ngga seperti yang saya bayangkan. Mungkin terlalu berharap tinggi untuk tempat ini, yang kebayang – bayang di kepala tuh kaya Lembang – Bandung. Suasananya bener- bener adem dengan pohon-pohon pinusnya yang bertebaran dimana – mana. Intinya First Impression saya tentang tempat ini yaitu “gersang” dan “tak terurus”. Miris..

Pintu Masuk Kotok Forest Park

Pintu Masuk Kotok Forest Park

Penampakan awal pintu masuk sangat kreatif dan keren. Tapi yang bikin sedihnya lagi, sama sekali ngga ada tiket masuk. Ngga cuman itu aja, hampir ngga ada manusia sama sekali. Huff..

Suasana Jalan Utama Kotok Forest Park

Suasana Jalan Utama Kotok Forest Park

Outbond Park

Outbond Park

Gazebo Setelah Pintu Masuk

Gazebo Setelah Pintu Masuk

Atmosfer Saat Siang Hari

Atmosfer Saat Siang Hari di Kotok Forest Park

Fasilitas Di Kotok Forest Park

Fasilitas yang dimaksut adalah fasilitas umum yang ada pada tempat wisata biasanya. Intinya fasilitas umum laah

Warung & Cafe

Warung & Cafe Selfie di Kotok Forest Park

Ini nih yang wajib ada dimanapun tempat wisatanya! Kecuali kalo emang wisata alam yang natural banget lohyaa. Seharusnya disini saya menjelaskan apa – apa yang dijual disini, dari makanan, minuman, atau minimal ngobrol sama orang gitu deh..

Tapi sayang seribu sayang, warung & cafe ini tutup dan sepi banget. Mungkin saya bener – bener salah waktu atau memang dibiarkan begini. Siapa yang tau…

Kotok Forest Park

Musholla

Spot Foto Di Kotok Forest Park

Pertama kali beranjak mengelilingi tempat ini, yang ada di benak saya cuma satu, yakni tempat ini sangat sangat sangat sangat potensial banget. Asli keren dari ujung ke ujung. Cuman kayaknya permasalahan lagi – dan lagi yakni manajemennya. Sayang banget dah

Sepanjang tempat ini hampir 80% wahananya khusus untuk spot foto instagrammable. Juga ada sebagian yang dibuat dengan seni tingkat tinggi yang keren banget.

Nih beberapa spot foto yang saya foto sendiri dan tanpa edit atau filter :

Ayunan Rindu

Matras Gantung

Kursi Ayun Santai

Spot Foto Instagramable 1

Tinggal cekrek trus edit-edit dikit trus dilanjut posting IG dah.. Kelakuan Hooman zaman Now.

Spot Foto Instagramable 2

Spot Foto Instagramable 3

Spot Foto Instagramable 4

Hasil Cekrek Kalo Ada Modelnya

Cantiknya tante cantik satu ini - Kotok Forest Park

Spot Foto JFG

Spot foto JFG di Kotok Forest Park

Spot Foto Jalan Menuju Sawah

Spot foto Jalan Menuju Sawah di Kotok Forest Park

View Sawah Luas

View Sawah Luas di Kotok Forest Park

Iyap ujung dari taman kotok ini ialah sawah hijau nan luas ngetz. Jujur dari tiap meter saya melangkah, balik lagi cuma satu yang ada di benak ini yakni “potensi banget“. Mungkin saya yang salah datang di hari weekdays dan siang-siang pula.

Yang patut dicatat dari tempat ini ialah terlihat minimnya manajemen pengelolaan wisata. Manajemen disini sangat berperan penting untuk masa depan taman ini. Saya tekankan lagi, tempat ini sangat sangat berpotensi untuk jadi tempat wisata yang keren. Cuman jujur saya memposisikan sebagai masyarakat yang penasaran dan datang ke tempat wisata ini pada hari Rabu siang. Intinya ya random aja

LOKASI
Kotok Forest Park terletak di dekat jalan raya utama jember kalisat di desa kotok, lokasi ini berada di jarak 15 km arah timur laut Jember yang bisa di tempuh pakai kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil dengan mudah, dan bahkan bisa pakai kendaraan umum.
 
TICKET 
Ticket masuk di post awal hanya 3.000 rupiah, parkir motor 2.000 rupiah, mobil 5.000 rupiah, masuk wahana tani 2.000, masuk wahana selfie 5.000 rupiah, masuk wahana lain 3.000 rupiah dan hitung sendiri jika wahananya bertambah berapa yang harus disiapkan. Belum ada kantin di dalamnya, toilet belum berfungsi baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here