Air Terjun Watu Ondo

0
347

Air Terjun Cantik Di Kabupaten Jember,Air Terjun Watu Ondo

Watu Ondo adalah salah satu magnet yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Jember. Terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Kecamatan Tempurejo. Untuk lebih mudahnya bisa mengunjungi Perkebunan Kota Blater terlebih dahulu. Saat aku masih kecil perkebunan ini terkenal hingga ke mancanegara berkat produksi kakao (bahan baku coklat), namun kini produksi kakao tak sebanyak dahulu. Lalu lalang pelajar di pagi hari dengan sepeda juga mulai berkurang karena sudah banyak yang pakai sepeda motor. Jaman sudah berubah.

Bagi wisatawan yang belum mengenal jalan khususnya di Jember bagian Selatan, bisa saja melewati jalan ke pusat Kecamatan Ambulu kemudian memilih jalan ke arah Timur dengan papan petunjuk jalan yang bertuliskan Kotta Blater. Ada beberapa portal yang harus dilewati saat memasuki perkebunan itu. Cukup katakan dengan ramah dan sopan tentang maksud dan tujuan mengapa memasuki perkebunan. Jalan di dalam perkebunan tak semulus aspal saat melewati Ambulu-Kota Blater, jadi siapkan kendaraan yang tepat dalam menghadapi jalanan tanah dan batu-batuan.

Untuk menuju Watu Ondo, kita harus melewati perumahan yang dihuni oleh pekerja perkebunan berplat merah ini. Sebuah banner besar sudah menyambut wisatawan yang menunjukkan mereka sudah sampai di jalur berjalan kaki (trekking). Lahan parkir sudah disiapkan oleh warga sekitar yang tergabung dalam perkumpulan pemuda-pemuda masjid. Dari namanya saja sudah jelas jika lahan parkir terletak di dekat masjid.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati kebun karet. Tempat penampungan getah karet yang ada di pohon-pohon karet menjadi pemandangan yang unik bagi wisatawan yang umumnya berdomisili di daerah perkotaan atau daerah lain yang tidak terdapat kebun karet. Hingga pada akhirnya aku dan Yudha harus berhenti sejenak pada sebuah perbatasan antara perkebunan dengan taman nasional. Kami juga bertemu dengan Maya dan Devi yang bolos sekolah demi mengunjungi Watu Ondo.

Cucuk Hariyanto. Beliau adalah petugas dari Taman Nasional Meru Betiri yang sudah bertahun-tahun mengabdikan diri pada lembaga kehutanan negara ini. Sudah 3 minggu ini sejak sekitar 20 April 2015 lalu diberi mandat untuk menarik retribusi tiket masuk Rp 3.000,- per orang yang dialokasikan sebagai penerimaan pemerintah bukan pajak. Tak mudah menjadi seorang petugas yang tiba-tiba penarik retribusi. Memang pada awalnya untuk mengunjungi Watu Ondo belum dikenakan tiket masuk, hal ini karena kurangnya personel taman nasional yang mengawasi lahan negara yang sangat luas. Penarikan tiket masuk dan pendataan ini adalah antisipasi positif dari taman nasional dalam mengawasi dan mengendalikan wisatawan yang sedang berkunjung.

Lokasi Penitipan KendaraanPenarikan tiket masuk ini juga didukung dengan pembenahan infrastruktur di jalur trekking, meskipun pembenahannya masih dalam skala kecil dan sederhana. Pembenahan yang tampak adalah jalur pejalan yang sudah rapi dari ranting-ranting dan semak belukar, ada tali penopang di lintasan yang agak curam, jalan yang licin diberi lubang kecil untuk tempat pijakan, dan karung-karung tempat sampah di salah satu sudut air terjun.

Watu Ondo adalah kawasan air terjun yang berada di taman nasional. Untuk mencapai air terjun kita harus menyusuri jalan setapak dan sungai. Air yang mengalir terasa segar dan jernih. Batuan kapur dan pohon raksasa adalah kombinasi yang apik dalam menyerap dan menyaring air. Untuk keselamatan wisatawan, disarankan mencari tempat wisata lain jika musim penghujan tiba. Perlu diingat, jalanan yang licin berlumpur dan air terjun tersebut berada dalam kawasan hutan yang liar.

kalau ngeliat beginian, mana tahan buat gak nyeburSebenarnya Watu Ondo adalah nama dari salah satu dari 3 air terjun yang ada di kawasan ini. Untuk memudahkan wisatawan mengenal kawasan ini, maka Watu Ondo lebih sering disebut sebagai sebuah kawasan bukan sebagai nama salah satu air terjun. Urutan nama air terjun berdasarkan penduduk lokal adalah Watu Gedhek, Watu Ondo, dan Watu Mejo yang berada di paling ujung. Berbeda pula dengan penamaan dari taman nasional, air terjun yang berada di paling ujung adalah Watu Ondo. Ah tak masalah lah dalam hal penamaan, poin yang terpenting adalah kita menjaga kebersihan tempat ini. Cukup dengan memungut sampah yang ada di jalan dan membawanya kembali ke tempat sampat adalah cara sederhana sebagai wisatawan yang berkontribusi dalam kelestarian lingkungan.

Pesona Keindahan Air Terjun Watu Ondo Tempurejo Jember Informasi umum

Jember memiliki banyak tempat wisata seperti banyak beberapa air terjun yang sangat banyak diminati oleh para pengunjung. Salah satunya Air Terjun Watu Ondo dimana tempatnya bagus walau bukan seperti air terjun pada umumnya. Air terjun ini masuk daerah Taman Nasional Meru Betiri, hutannya masih alami dan tentunya anda bisa berenang di bawah air terjun. Tersembunyi dari keramaian Kota Jember, sehingga membuat air terjun ini terjaga keasriannya.

Fasilitas dan Akomodasi yang Terdapat di Objek Wisata Air Terjun Watu Ondo

Karena objek wisata alam ini belum banyak tersentuh oleh tangan manusia, jadi kamu juga akan sedikit menemukan fasilitas yang terdapat disini. Meskipun begitu, kamu pasti tidak akan kecewa deh jika sudah berada di sini. Objek wisata ini memiliki 3 air terjun yang masing-masingnya telah diberikan nama, Tangga (Ondo), Tembikar, (Gedhek), dan Meja (Mejo). Gedhek merupakan air terjun yang paling tinggi, sekitar 8 meter. Kemudian disusul dengan Ondo dengan memiliki ketinggian 4 meter dan kedalaman sekitar 1,5 meter. Jadi kolam atau air terjun ini aman untuk berenang bersama keluarga ataupun sahabat kamu. Dan di posisi terakhir adalah Air Terjun Mejo.

Air Terjun yang juga berada di sekitar Kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini juga memiliki kolam yang terbentuk secara alami. Jadi kamu bisa berenang dan bermain air bersama dengan sahabat maupun keluarga kamu. Karena tempat ini tak bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, di sekitar objek wisata ini telah disediakan tempat parkir untuk para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi mereka.

Hunting Foto Kekinian di Objek Wisata Air Terjun Watu Ondo

Jika kamu ingin berkunjung dan berfoto ria di objek wisata Air Terjun Watu Ondo, bersama dengan sahabat ataupun keluarga, kamu harus tahu beberapa spot berfoto disini sehingga hasil fotomu nanti akan terlihat keren. Kamu dapat berfoto dengan berlatar belakang panorama alam yang indah dari tempat wisata tersebut. Kamu juga bisa berfoto bersama sahabat maupun keluarga di depan air terjun itu sendiri. Ataupun berfoto di dalam air agar hasil fotomu terlihat semakin kece dan kekinian. Dijamin deh foto-fotomu nanti akan terlihat lebih keren dan kekinian!

Keistimewaan Air Terjun Watu Ondo

Apakah Anda berpikir untuk menuju ke Air Terjun Watu Ondo membutuhkan banyak usaha? Ya, itu memang benar, tetapi Anda akan mendapatkan yang sepadan begitu Anda sudah sampai di lokasi. Dan berdasarkan beberapa sumber menyebutkan bahwa Air Terjun Watu Ondo ini sumber airnya berasal langsung dari gunung loh.

Di lokasi ini terdapat tiga air terjun sekaligus dengan nama yang berbeda, dimana nama-nama ini diberikan berdasarkan bentuk batuan. Air terjun yang pertama diberi nama Air Terjun Gedhek. Gedhek dalam bahasa Jawa artinya adalah anyaman bambu, dan air terjun ini diberi nama demikian karena memang batuan tempat mengalirnya air itu lebar. Air terjun ini adalah air terjun yang paling tinggi yakni sekitar 8 meter. Arus air disini tidak terlalu deras dan terdapat kolam yang cukup luas serta dalam di bawahnya, sehingga sangat memungkinkan Anda untuk berenang disini.

Kemudian yang kedua adalah Air Terjun Watu Ondo dimana aliran utama air hanya selebar 1 meter dengan kedua tepian yang agak tinggi sehingga terkesan seperti tangga yang biasa digunakan untuk memanjat. Air terjun ini lebih pendek dibandingkan air terjun yang pertama, dimana ketinggiannya hanya berkisar 4 meter saja. Dengan kolam penampungan air yang cukup luas serta kedalamannya yang hanya berkisar 1,5 meter, tentu Anda bisa berenang dengan bebas di sini.Selanjutnya adalah air terjun yang terakhir, yakni Air Terjun Watu Mejo. Air terjun yang satu ini batuannya berbentuk kotak menyerupai sebuah meja. Air terjun ini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras sehingga cocok untuk Anda yang ingin berenang.

Lokasi

Air terjun watu ondo terletak dilokasi Kebun Kota Blater KecamatanTempurejo Kabupaten Jember. Jarak yang di tempuh lumayan jauh dari kota. Dari kota perjalanan menuju ke selatan kota jember di daerah Kecamatan Tempurejo.

Daya Tarik

Tempat wisata di Jember cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi, di Jember ada beberapa air terjun yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata anda. Apalagi air terjun ini tersembunyi dari keramaian kota sehingga membuat air terjun ini terjaga keasriannya. Perjalanan yang begitu jauh membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari pintu masuk Kebun Kotta Blater kemudian bertemu dengan perkampungan yang terdapat monumen perjuangan. Perjalanan memang sangat melelahkan dengan melewati kebun karet melewati jembatan kayu besar dan melewati jalan yang berlumpur. Sehingga untuk para pengunjung untuk selalu waspada dan hati – hati saat dalam perjalanan.

Air Terjun Watu Ondo bersumber dari air gunung asli (bukan dari aliran sungai lain), sehingga airnya benar-benar jernih, sampai-sampai dasarnya kelihatan. Air terjun ini terlihat sangat unik, penduduk sekitar memberitahukan nama 2 air terjun berdasarkan bentuknya yang menyerupai Tangga (Ondo), dan Tembikar (Gedhek). Air terjun pertama atau Gedhek adalah yang paling tinggi, sekitar 8 meter. Bentuknya melebar karena batuan yang dilaluinya juga lebar seperti dinding rumah dari anyaman bambu (gedhek). Namun yang lebih di kenal warga adalah Watu Ondo, karena susunan batu air seperti tangga. Hati-hati saat akan menuju Watu Ondo karena jalannnya sempit. Namun pemandangan sangat indah dimana anda akan bisa berenang dibawah air terjun.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Air Terjun Watu Wondo

Untuk jam buka dari objek wisata alam ini adalah 24 jam. Dan kamu tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasukinya atau kita dapat menyebutnya dengan gratis. Jadi kamu bebas untuk datang kesini kapanpun yang kamu mau. Karena objek wisata tidak seterkenal tempat air terjun lainnya yang berada di Jember, Air Terjun Watu Wondo ini masih sepi dengan pengunjung. Mungkin kamu hanya perlu membayar biaya parkir jika kamu datang kesini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Transportasi

Untuk mengunjuni Air terjun Watu ondo ini di utamakan untuk menaiki sepeda motor. Karena untuk masuk kedalam perkebunan karet jalannya cukup sempit. Dari kota perjalanan menuju ke selatan kota jember di daerah Kecamatan Tempurejo. Setelah sampai pemberhentian terakhir, anda bisa berjalan kaki selama perjalanan. Karena motor tidak memasuki jalur lagi untuk mengunjungi air terjun tersebut.

Saran dan Tips

Disarankan membawa membawa baju ganti dan serta bekal yang cukup, terutama air minum. Jika ke Watu Ondo jangan lupa bawa sampah anda kembali dan jangan corat-coret! Karena semua itu akan merusak pemandangan yang sangat indah dilokasi air terjun tersebut. Jaga keselamatan dan selalu berhati – hati.Jika kamu telah sepakat untuk pergi ke sini bersama dengan sahabat ataupun keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Yang pertama adalah dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar area objek wisata ini supaya keasriannya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kamera atau ponsel dalam keadaan baterai yang terisi penuh jika kamu ingin hunting foto ketika berada di sini. Kamu juga dapat membawa makanan ataupun minuman ringan, dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk berdoa serta memohon keselamatan selama di perjalanan nanti ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here