Pemandian Patemon

0
390

Pemandian Patemon Tanggul menjadi salah satu destinasi wisata ramah anak dan keluarga di Jember yang rekomended untuk anda explore. Liburan bersama keluarga di akhir pekan memang menyenangkan, apalagi dengan menikmati keseuan berwisata. Ketika anda berwisata di Jember, cobalah explore destinasi terbaiknya bersama keluarga untuk liburan tak terlupakan.

Liburan memang menjadi salah satu aktivitas favorit banyak orang, sehingga manfaatkan akhir pekan untuk berwisata. Rasa penat dan jenuh akan kesibukan sehari-hari tidak akan anda rasakan ketika berlibur bersama keluarga. Menikmati indahnya alam Indonesia yang hadirkan destinasi wisata terbaik, salah satunya Pemandian Patemon Tanggul Jember.

Jika anda berencana menghabiskan hari libur di Kabupaten Jember, banyak tempat menarik yang rekomended untuk dikunjungi. Salah satunya Pemandian Patemon Tanggul yang hadirkan spot bermandi-mandi menikmati kesegaran sumber air. Berikut info menarik dari Pemandian Patemon yang bisa anda jadikan referensi berlibur bersama keluarga di Kab. Jember Jawa Timur.

Gambar di atas merupakan contoh suasana pemandian patemon tanggul pada sa’at lebaran atau hari raya , jumlah pengunjung tidak terhingga sehingga kolamnya sampai tidak kelihatan penuh dengan pengunjung , karena pemandian patemon memang banyak memiliki kelebihan diantaranya katanya setelah mandi di pemandian patemon badan terasa segar ,dan adalagi mitos mengatakan kalau meminum air dari pemandian patemon bisa menghilangkan berbagai macam penyakit , tapi itu hanya mitos masalah percaya atau tidak terserah anda.

Harga Tiket Masuk Pemandian Patemon TanggulSelain memeng tempatnya yang bagus , airnya yang jernih juga airnya bisa di minum secara langsung itu merupakan kelebihan dari pemandian patemon tanggul , menurut salah satu ahli mengatakan kenapa air di pemandian Patemon bisa di minum secara langsung karena kandungan TDS nya rendah TDS singkatan dari Total Dissolved Solid yaitu unsur logam mineral yang larut dalam air , unsur logam mineral lainnya yaitu alumunium , besi , perak , seng , dan mangan. dan kandungan yang terdapat 28 ppm karena itu bisa di minum secara langsung , kalau di fikir mungkin lebih sehat air dari patemon dari pada air kemasan karena kandungannya 125 ppm .

Di pemandian Patemon Tanggul Jember juga memiliki mitos lain yaitu adanya makam , namun tidak begitu terlihat karena tertutup pohon yang sangat besar namun apabila memasuki pintu masuk bulu kudu seakan berdiri walaupun di siang hari , konon katanya makam itu sudah ada sebelum di bangun pemandian patemon , katanya makam itu adalah makam pangeran ratmadja yang kalah bertarung memperebutkan dewi Renjani yang berasal dari Banjar Sari.

Selain mitos di atas ada juga mitos lain yaitu pemandian Patemon Tanggul Jember sering di datangi oleh sepasang pengantin dan masih mengenakan baju pengantin dan mandi di pemandian ritual ini di percaya bisa membuat hubungan mereka awet atau langgeng , percaya atau tidak terserah anda masing – masing .

Pemandian ini bisa menghasilkan debit air sebanyak 198 meter kubik per detik. Pemandian Patemon terletak di bagian utara Tanggul, berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl. luas areal 4,5 Ha dengan suhu udara antara 28 – 340 C. Sumber air pemadian Patemon ini berasal dari mata air lereng Pengunungan Argopuro. Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati indahnya suasana di sekitar kolam bersama keluarga dan atau sahabat.

Ada beberapa kolam di Patemon ,yaitu kolam no.1 dengan kedalaman 4-6 m, kolam no.2 kolam dengan kedalaman 100-130 cm, kolam no.3 kolam dengan kedalaman 50-100 cm dan kolam no.4 kolam khusus untuk anak-anak. Ada danau buatan untuk tempat main sepeda air seperti bebek-bebekan bersama keluarga dengan mengelilingi danau buatan dan menikmati indahnya alam sekitar.Tiga buah kolam renang dilengkapi waterboom.

Kelebihan kolam-kolam di Patemon ini dibandingkan kolam lain yang ada di Jember adalah airnya yang masih benar-benar bersih, langsung dari sumbernya dari Mata Air Manggisan dari tembusan mata air pengunungan Argopuro dibandingkan kolam lain yang menggunakan bahan kimia untuk menjernihkan air seperti kaporit. Orang yang berenang di pemandian ini akan merasa lebih bugar dan setelah mandi di Patemon tidak perlu membilas tubuh lagi karena air tersebut tidak mengandung bahan kimia apapun.

photo-by-jemberajibwordpresscomSelain kebersihan kolam, pemandangan di Patemon juga indah dan sejuk alam nya dengan didukung ada nya pohon-pohon rindang, jalan setapak yang bersih dan taman- taman bunga yang tertata rapi, menjadikan wisata Patemon sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih dengan panas nya suhu di Jember berkunjung ke pemandian Patemon memberikan kesegaran dan kesejukan

Mata air di Pemandian Patemon tak hanya terkenal jernih, melaikan juga dikalim bisa menyehatkan tubuh. Banyak wisatawan yang datang berkunjung hanya untuk mengambil air dari mata air pemandian Patemon. Wisatawan yang tertarik dengan khasiat air Patemon pun tak terbatas pada masyarakat di Jawa Timur saja. Air di Patemon memiliki banyak khasiat antara lain menurunkan kolesterol dalam tubuh, membersihkan ginjal dan paru-paru. Banyak orang datang ke Patemon untuk menyembuhkan penyakit mereka dengan meminum air nya. Mandi di pemandian Patemon juga diklaim bisa membuat tubuh lebih bugar

• Fasilitas
1. Kolam Renang
2. Kantor Informasi/UPTD
3. Toilet dan Kamar Ganti Pakaian serta Tempat Bilas
4. Tempat Areal Parkir
5. Playground
6. Musholla
7. Pos Jaga
8. Jalan Beraspal
9. Sumber Mata Air
10. Gazebo

Harga Tiket Masuk Pemandian Patemon Tanggul

Saat anda berencana libur akhir pekan bersama keluarga di Pemandian Patemon, jangan khawatir kantong akan kebobolan.Wisata murah di Jember siap memanjakan perjalanan libur akhir pekan anda bersama keluarga tercinta.Ketika anda berencana liburan di Pemandian Patemon Jember, harga tiket masuknya sangat terjangkau.Cukup dengan Rp.5.000 untuk harga tiket masuk Pemandian Patemon Tanggul, anda bisa puas bermain di tempat menarik satu ini.(HTM objek wisata alam Pemandian Patemon Tanggul Jember bisa berubah setiap waktu tanpa adanya pemberitahuan).Destinasi wisata alam Pemandian Patemon sendiri bisa anda kunjungi kapan saja karena buka setiap hari.Untuk operasional wisata alam Pemandian Patemon Tanggul Jember buka setiap hari dari jam 07.00 – 17.00 WIB.Cobalah kunjungi tempat piknik terbaru di Jember murah satu ini untuk menemani libur akhir pekan anda dan keluarga.

Alamat dan Rute Lokasi

Selalu ramai akan pengunjung setiap harinya, destinasi Pemandian Patemon menjadi salah satu tempat piknik populer di Jember.

Ketika anda berencana untuk mengunjungi kolam renang Patemon Jember, akses jalan yang baik akan menemani perjalanan liburanmu.

Lokasi dari Waterpark pemandian Patemon beralamat di Krajan II, Kec. Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur.Lokasi Obyek Wisata Pemandian Patemon sangat strategis yang berada di jalur utama dari Surabaya ke kota Jember sehingga dapat dilalui berbagai jenis kendaraan angkutan umum atau pun kendaraan pribadi dan wisatawan tidak mengalami kesulitan.Anda bisa mengunjungi tempat piknik terbaru di Jember satu ini menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.Saat anda berencana explore Pemandian Patemon dan kesulitan akan rute perjalanan terbaik, akses peta lokasinya berikut.

Dapatkan liburan semakin menyenangkan di Jember dengan jelajah tempat wisata murah, terbaru, hits dan terbaiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here