Agrowisata Gading Asri

0
721

DESTINASI KELUARGA MASA KINI, AGROWISATA GADING ASRI JEMBER

Agro Wisata Gading Asri Perumahan Taman Gading Jember - YouTube

Sudah beberapa bulan lalu, nama kebun buah naga sering disebut tetangga dan bahkan adik saya. Katanya ada tempat rekreasi baru di komplek perumahan sebelah yang masih berada satu kelurahan dengan tempat tinggal saya. Adik saya hanya bisa menjelaskan taman buah naga dan pengunjung bebas untuk memetik buah naga serta dinikmati bersama di lokasi. Dan saya sendiri nggak tahu kalau nama tempat itu sebenarnya adalah Agrowisata Gading Asri.

Agrowisata Gading Asri Jember, Destinasi Keluarga Masa Kini — AINUN ISNAENIJarak Agrowisata Gading Asri ini dari rumah saya hanya sekitar 2-3 kilo saja, terbilang dekat juga dan akhirnya kali ini berkesempatan juga untuk mampir kesana.

Wisata inovatif di Jember Gading Asri, Buah Naganya dengan Rasa Istimewa

Agrowisata yang terletak tidak jauh dari kota jember dan mempunyai tempat yang sangat strategi ini terdapat beragam buah seperti buah naga, markisa, pepaya, anggur, jeruk, pisang, dan labu putih.

Agrowisata Buah Naga Gading Asri Jember, Lokasi Mudah Dijangkau, Tiket Pun  Terjangkau - FaktualNews.co

Buah yang dapat dinikmati dan dapat dipetik oleh wisatawan salah satunya buah naga dan markisa. Ciri khas buah naga Gading Asri ini pertumbuhannya tidak menggunakan lampu, dan menggunakan pupuk yang alami.

Pengunjung bisa merasakan perbedaan kemanisan dari buah naga ini dengan yang lainnya.

Ada 8 Jenis Satwa Untuk Wahana Edukasi

Selain itu juga banyak beragam hewan di antaranya kuda, bebek, ikan, angsa, ular, burung merak, kelinci, dan luwak.
Wisata inovatif di Jember Gading Asri juga menyediakan enam wahana yang hanya dibandrol dengan Rp 5.000 di antaranya playground, boomboom car, kereta api, dan perahu gowes.

Tiket masuk untuk agrowisata ini juga terjangkau, hanya Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan berbagai macam wahana yang dapat dinikmati, pengunjung juga dapat menikmati  berbagai makanan dan cemilan yang tersedia di Resto Gading Asri.

Tentunya agrowisata ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari balita hingga dewasa. Tak hanya itu, Wisata inovatif di Jember Gading Asri ini juga sering disewa untuk acara pernikahan, tunangan, pertemuan, dan ulang tahun.

Lokasi Mudah Dijangkau, Tiket Pun Terjangkau

Menghabiskan libur akhir pekan tidak perlu jauh-jauh ke pegunungan atau pesisir pantai yang jauh dari pusat kota. Ada agrowisata di tengah kota yang mudah dijangkau warga Kabupaten Jember dan sekitarnya.

Ya, destinasi wisata itu bernama Agrowisata Gading Asri di Jember berdiri sejak 2015 dan berlokasi di tengah komplek Perumahan Taman Gading, Lingkungan Kebon Indah, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates.

Meski tergolong wisata baru, tapi lumayan banyak dikunjungi warga, terutama akhir pekan dan hari-hari libur. “Luas lahan perkebunan kurang lebih 1 hektare. Tapi luas lokasi wisata kami secara keseluruhan kurang lebih 3 hektare,” kata Manager Agrowisata Gading Asri Dewi Mulyasanti, Minggu (31/1/2021) sore.

Wanita yang akrab dipanggil Dewi ini mengatakan, kelebihan dari adanya lokasi wisata kebun buah naga ini, adalah berlokasi di tengah kota dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Agrowisata kami berada di komplek perumahan, jarak dengan pusat kota Jember hanya 5 kilometer. Jadi dekat, terjangkau, dan kita menawarkan wisata yang family care,” ucapnya.

Agrowisata Gading Asri terus mengalami perkembangan, dengan menambah wahana wisata yang menarik. Sehingga dapat memuaskan para pengunjungnya.

Disampaikan Dian, kini lokasi wisata yang dikelolanya memiliki banyak wahana, puluhan gazebo, hall, dan juga aula. Yang bisa digunakan untuk kegiatan Family Gathering ataupun kegiatan pernikahan.

Wahana yang ada di antaranya, Playground, Bioskop 6D, Kereta Api wisata, Bombom Car, Perahu, dan Go kart.

“Proses pembangunan lokasi wisata kami, dulu diawali penanaman buah naga kemudian ditambah fasilitas wisata pendukung, ada 6 wahana, 28 gazebo, 2 hall sama satu aula. Kemudian terus melakukan pengembangan dengan menambah kursi taman dan fasilitas lainnya,” sebut Dewi.

Untuk tiket masuk ke lokasi wisata inipun terbilang murah dan terjangkau. “Pengunjung hanya dikenai biaya parkir Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat (mobil). Buah naga bisa dipetik sendiri, untuk dimakan di sini atau dibawa pulang,” katanya.

Namun karena saat ini masih proses penanaman dan belum waktu berbuah, pengunjung hanya dapat menikmati wisata dengan melewati lokasi kebun buah naga yang di atasnya terdapat ratusan pohon buah naga.

“Untuk harga jual buah naga, per kilogram Rp 6 ribu. Buah naga yang dipetik juga harus berwarna merah, karena kita menjaga dan mempertahankan kualitas buah naga itu sendiri. Ketika masih hijau, tidak dipetik. Kita menunggu berwarna merah dulu, baru boleh dipetik,” jelasnya.

Dewi menambahkan, untuk harga buah tidak selalu tetap. “Tapi berubah-ubah mengikuti pasaran di luar. Jadi penyesuaian,” katanya.

Untuk jam operasional, karena saat ini masa Pandemi Covid-19. Menyesuaikan dan mengikuti aturan Protokol kesehatan.

“Biasanya kalau hari-hari biasa (jam operasional) fleksibel. Tapi kerena covid, bukanya jam 9 pagi sampai 9 malam (Selasa sampai Jumat), Sabtu, Minggu atau hari libur jam 8 pagi sampai jam 9 malam,” katanya.

“Kita pun sempat tutup dua bulan, dan awal-awal puasa (2020) kemarin baru buka lagi. Tapi kala itu sepi pengunjung, terasa kayak pertama kali buka dulu. Bahkan sempat ada PHK karyawan karena dampak pandemi, tapi sekarang perekrutan lagi,” ujarnya.

Untuk jumlah pengunjung di kala Pandemi ini, diakui Dewi tidak banyak. “Jumlah pengunjung gak mesti, hari kerja sekitar 50 orang, Sabtu Mingu sekitar 300 orang. Tapi kini banyak berkurang karena Pandemi dan curah hujan yang tinggi,” pungkasnya.

Menuju Lokasi Agrowisata Gading Asri

Lokasi agrowisata ini berada di dalam kawasan perumahan Taman Gading, yang berada di daerah Pakem, Kecamatan Kebonsari. Meskipun baru pertama kali mencari keberadaan tempat ini, saya nggak nemuin hambatan untuk menemukannya, di jalan utama perumahan sudah terpampang banner sederhana sebagai petunjuk jalan menuju agrowisata.

Untuk masuk ke lokasi agrowisata, pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan saja. Biaya parkir motor 2ribu dan mobil 5ribu. Murah bener.

Untuk menuju parkiran motor, pengunjung sudah bisa melihat kebun buah naga di sisi kanan dan kiri jalanan yang berpaving ini.

Area Agrowisata Gading Asri

Pemandangan pertama yang saya temui adalah kolam ikan yang dimanfaatkan sebagai lokasi perahu bebek. Iya, pengunjung bisa naik perahu bebek ini, lumayan buat seru-seruan.

agrowisata di jember

Disekitar kolam bebek-bebekan ini, terdapat cukup banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk ngadem. Nggak hanya bisa melihat kolam dengan warna air kehijauan saja, di dekatnya juga ada beberapa kandang binatang sebagai tambahan hiburan, seperti kandang musang.

lokasi agrowista gading asri jember

Saya kembali berjalan kearah belakang, ternyata terdapat aula cukup besar yang bisa dibooking untuk acara-acara tertentu, sedangkan kalau lagi nggak ada acara, aula terbuka ini digunakan sebagai area restorannya.

Tepatnya agrowisata ini memang pas buat keluarga, isinya hiburan buat keluarga soalnya, ada permainan kereta dan bombom car juga. Saya sendiri tergoda buat naik kereta mengelilingi kebun buah naga, lah wong cuma bayar 5ribu. Sayangnya hujan deras, jadi kok mager mau berdiri dari kursi hahaha.

Saat itu belum musim panen buah naga, jadi saya nggak melihat pengunjung lain yang antusias untuk memetik buah naga. Tapi kalau mau membeli buah naga sudah disediakan di area kasir restonya, harga untuk sekilonya  cukup membayar 7ribu saja.

Karena saya datang di hari Minggu yang pengunjungnya lumayan banyak, untuk pesanan makanan memang lama menunggunya. Padahal rombongan saya dan teman-teman sudah booking menu seminggu sebelumnya, niat bener hahaha.

Nggak banyak yang bisa dilakukan di agrowisata yang masih terbilang baru ini, umurnya baru sekitar satu tahunan, palingan cuma main bombom car atau naik kereta saja biar seruan dikit.

Kalau ada keluarga besar, ajak ke Agrowisata Gading Asri ini boleh juga sih, nggak jauh-jauh juga dari pusat kota Jember

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here