7 Pesantren Terbaik di Jember

0
896

Pesantren Terbaik di Jember patut diulas. Karena Jember merupakan kota Pendidikan di Jawa Timur selain Surabaya.. Salah satu kampu yang terkenal adalah kampus Universitas Negeri Jember. Kampus ini cukup besar. Sisi istimewa lainnya, Jember memang kota yang banyak pesantren di dalamnya.

Jember dikenal memiliki keistimewaan keindahan karena berada di lereng pegunungan Yang dan Gunung Argopuro. Jika Anda ke Jember pasti merasakan sensasi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas Pesantren terbaik di Jember. Terutama dari aspek keistimewaan dan identitas yang dimilikinya.

Assunniyyah Diponegoro, Kencong, Kabupaten Jember

Ponpes As Suniyah JemberIni merupakan salah satu pondok tertua di Jember. Berdiri pada tahun 1940-an pesantren ini masih focus pada Pendidikan khas pesantren NU, yaitu mengutamakan pendalaman Pendidikan Agama Islam berbasis pada membaca kitab kuning.

Pesantren ini terdiri dari tiga jenjang, yang pertama adalah jenjang Ibtida’iyah, Tsanawiya, dan Aliyah. Kemudian di tahun terakhir dari kelas Aliyah, kelas tiga aka nada pengabdian selama satu tahun. Pengabdiannya berupa mengajar di pesantren-pesantren. Baik di As Sunniyah, atau bahkan di luar Jawa.

Uniknya pesantren ini perlahan juga membuka Pendidikan formal umum, seperti SMP. Pesantren ini pada akhirnya menjadi salah satu destinasi Pendidikan pesantren di wilayah Jember. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Jember.

Bustanul Ulum Mlokorejo, Puger

Ponpes Bustanul Ulum MlokorejoHampir sama dengan As Sunniyah, pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo berdiri pada tahun 1940. Yang istimewa, pesantren ini sudah mendirikan jenjang Pendidikan lengkap jauh sebelum era modern datang.

Namun secara umum, fokus Pendidikan yang dimiliki adalah Pendidikan salaf, khas dengan model sorogan dan bandongan. Sehingga pesantren memberikan bekal kepada santri kedalaman ilmu agama Islam berbasis kitab kuning.

Jenjang Pendidikan di pesantren ini memang luar biasa, untuk non formal tersedia TPQ, Madrasatul Qur’an, Madrasah Ula hingga Ulya, tahassus pesantren, sampai halaqah kitab kuning.

Adapun Pendidikan formalnya terdiri dari Raudhatul Athfal, MI, SMP, SMA, hingga Universitas. Hebatnya adalah, jenjang universitasnya model afiliasi dengan universitas terbaik di Jember seperti UNEJ, STAIN, UNMUH, dan lain sebagainya, sehingga sangat efektif sekali.

Nurul Islam Tawangmangu, Antirogo, Sumbersari, Jember

Ponpes NURIS JemberSalah satu pesantren terbaik di Jember adalah Nurul Islam Tawangmangu. Orang sering menyebutnya dengan sebutan pesantren Nuris, karena singkatannya. Pesantren ini merupakan salah satu yang pernah dikunjungi oleh presiden Joko Widodo di Jember. Menghadirkan presiden, tentu bukan persoalan mudah.

Nuris memiliki kelebihan dalam kombinasi Pendidikan antara sistem salaf dan formal. Jika ada pesantren kalon, sekolah di pondok nginap di rumah, pesantren ini sebaliknya, banyak yang mondok tapi juga sekolah di luar. Namun di pondok ini juga ada Pendidikan formal.

Pesantren ini sering mendorong untuk menyadarkan orang-orang yang anti tahlil, karena berarti anti Nahdhatul Ulama. Artinya pesantren ini memang dikenal bentengnya orang NU di wilayah Jember.

Al-Wafa Tempurejo, Jember

Pesantren ini santrinya mencapai 1200-an, bahkan sekarang mungkin sudah lebih. Pesantren ini memiliki sistem salaf yang fokus pada kajian kitab kuning yang mendalam. Tidak seperti lainnya dengan model kombinasi.

Metode belajarnya adalah sorogan dan bandongan kepada kyai. Metode Bahasa arab digunakan alfiah, sehingga kemampuan dalam membaca kitab cukup baik. Al Wafa juga dikenal karena kyainya yang karismatik, yaitu Kyai Ra Abduh.

Baitul Arqom Balung Jember

Hampir di setiap kota ada pesantren alumni Gontor. Yaitu pesantren yang didirikan oleh alumni pesantren Gontor dan mengacu pada sistem modern Gontor Ponorog. Di Jember salah satu pesantren yang sudah mapan adalah Baitul Arqom Balung Jember. Ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Jember.

Pesantren ini memiliki kelebihan dalam aspek sistem modern. Sistem modern bukan berarti pada jenjang Pendidikan, tapi lebih kepada pola hidup yang mempertahankan prinsip kedisiplinan, kecepatan adaptasi, dan kemampuan kemandirian.

Mekanisme Pendidikan yang ada di Baitul Arqom disebut dengan sistem MMI, Madrasah Muallimin dan Muallimat Al Islamiyah. Sehingga memiliki kurikulum tersendiri yang mengacu pada pesantren Gontor. Kurikulum ini mengkombinasi antara Pendidikan formal dan Pendidikan agama dalam wujud kelas.

Pesantren Mahasiswa Ibnu Kasir

Ada satu pesantren terbaik di Jember yang menurut kami patut menjadi rujukan. Segmentasinya juga berbeda, yaitu khusus untuk mahasiswa dan tahfidz Quran. Pesantren Ibnu Katsir namanya. Pesantren ini khusus untuk lulusan SMA. Apalagi di Jember sangat banyak kampus.

Tapi sayangnya pesantren ini tidak menerima siswa asal-asalan. Harus sudah bisa membaca Quran dengan lancar, plus mampu berbahasa arab aktif dan pasif, terutama bisa mengaji kitab kuning.

Kurikulum di pesantren ini, untuk hafal Al Quran membutuhkan waktu dua tahun. Artinya jika Anda seorang mahasiswa dan fokus menghafal Al Quran, lebih baik mondok di pesantren tahfidz Quran Ibnu Kasir.

Pondok Pesantren Al Qodiri

Ponpes Al Qodiri JemberPesantren di Jember pertama yang akan kami bahas adalah Ponpes Al Qodiri. Pesantren yang berdiri pada tahun 1987 ini didirikan oleh KH Achmad Muzakki Syah. Al Qodiri merupakan pesantren yang memiiki berbagai cabang yang tersebar di berbagai daerah. Tercatat terdapat 42 unit pesantren yang merupakan cabang Al Qodiri.

Tak hanya memiliki banyak cabang, Al Qodiri juga memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Terdapat pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi yang dikelola oleh Al Qodiri. Antara lain:

  • Pondok Anak-Anak
  • Madrasah Diniyah
  • Tahfidzul Qur’an
  • Taman Pendidikan Qur’an
  • TK
  • SD Plus
  • SMP Plus
  • MTs Unggulan
  • MA
  • SMK (Jurusan Bisnis & Manajemen, Teknik Komputer Informatika, dan Kesehatan)
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qodiri (STAIQOD)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Qadiri (STIKES BHAKTI AL-QODIRI)

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Al Qodiri memiliki sebuah visi yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan yang dibangun atas dasar komitmen yang kokoh sebagai pusat pencerahan aqidah, penguatan syariah dan pemantapan akhlakul karimah.

Mengenai kurikulumnya, Al Qodiri menggunakan kurikulum sesuai unit pendidikannya. Ada yang menggunakan Kurikulum Diknas, Kurikulum Kemenag, Kurikulum Kepesantrenan, dan ada juga yang mengintegrasikan kurikulum tersebut.

 

Silakan diusulkan di Kolom Komentar Pesantren Terbaik di Jember selanjutnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here