Pantai Kucur Puger

0
798

Keindahan Wisata Pantai Kucur Puger Jember

Bagi kamu yang ingin berlibur namun masih bingung mau pergi ke tempat wisata seperti apa, coba deh pergi berlibur ke Pantai Kucur ini. Pantai yang terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur ini memang sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga dan ingin mencoba bersantai di pantai ini, coba deh berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Dan kamu juga bisa hunting selfie kekinian lho disini.

Pantai Kucur sendiri memang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, dan tempat wisata yang satu ini memang sudah terkenal karena memiliki keindahan yang luar biasa. Disini kamu bisa melihat pemandangan pantai yang indah disini, bagi kamu yang penasaran, langsung aja deh pergi ke tempat wisata yang satu ini. Dijamin liburanmu akan semakin berkesan dan akan membuatmu berdecak kagum.

Wisata Pantai Kucur Puger Jember adalah salah satu tempat wisata yang berada di Gunung Kucur, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Pantai Kucur Puger Jember adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Kucur Puger Jember memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Jember tidak mengunjungi wisata Kucur Puger Jember yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Pantai Kucur Puger Jember sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata pantai Kucur Puger Jember ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Kucur Puger di kota Jember.

Menikmati Keindahan Pantai Kucur Puger Jember

Selain terkenal dengan sebuah sebutan sebagai kota suwar-suwir, ternyata kota Jember juga dikenal sebagai salah satu kota yang kaya akan keindahan pantainya, contohnya saja dengan objek wisata Pantai Kucur Puger. Sebuah objek wisata yang terletak sekitar 36 kilometer dari pusat kota ni tepatnya bersebelahan dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan).  Jadi selain bisa berwisata Anda pun juga bisa membeli oleh-oleh khas ikan puger yang bisa Anda beli langsung di pantai ini.

Pantai Kucur Puger yang memiliki luas kira-kira sekitar 2 hektar ini biasa di kenal dengan nama Kucur, karena dulu kala di tengah-tengah pantai tersebut terdapat sebuah petilasan bekas dari pertapaan Mbah Kucur. Yang mana beliau adalah seorang prajurit yang di berikan mandat untuk mengawal pangeran Puger dari sebuah kerajaan Mataram. Hal inilah yang menjadikan nama tempat ini Pantai Kucur Puger sehingga objek wisata ini menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan.

Nah gimana dengan Anda? Apakah berminat untuk melihat indahnya objek wisata Pantai Kucur Puger ini?. Pantai Puger memiliki panjang sekitar 3 Km lebih panjang daripada Pantai Kuta Bali yang hanya 2 Km. Pantai Puger sering melaksanakan untuk upacara adat warga setempat seperti setiap satu tahun sekali Pantai ini selalu mengadakan acar ritual rasa bersyukur kepada Yang Maha Esa.

Fasilitas Yang Terdapat Sekitar Kawasan Pantai Kucur

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini pastinya kamu harus mengetahui dong apa saja fasilitas yang terdapat di kawasan pantai yang satu ini, jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa soal fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Untuk fasilitasnya sendiri, di sekitar kawasan pantai ini terdapat banyak fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap dan memiliki area parkir yang sangat luas, jadi kamu tidak perlu khawatir jika datang kesini pada waktu liburan. Selain itu sekitar pantai ini juga terdapat sebuah wc umum yang disediakan warga sekitar jika kamu ingin membuang air kecil maupun besar, dan terdapat juga rumah makan di sekitar pantai jika kamu merasa lapar.

Selain itu di Pantai Kucur ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang bisa kamu coba, maka tak heran jika tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi pelancong saat liburan. Pokoknya tempat wisata yang satu ini sangat recommended banget deh buat kamu yang ingin berkumpul bersama keluarga & pemburu spot selfie kekinian, bagi kamu yang belum pernah kesini, coba deh pergi ke tempat wisata yang satu ini.

Hunting Foto Kekinian di Pantai Kucur

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini kamu harus tahu dong beberapa spot foto yang dapat menghasilkan foto yang bagus dan kekinian. Kamu bisa berfoto di kawasan Pantai Kucur ini, lalu kamu juga bisa mengambil beberapa foto saat kamu berada didalam air. Selain itu kamu juga bisa mengambil foto bersama keluarga dengan latar belakang pesisir pantai yang sangat indah. Pokoknya wisata yang satu ini cocok banget deh bila digunakan untuk hunting foto, apalagi kamu pecinta selfie kekinian.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil foto saat kamu sedang memancing di pantai ini, jadi foto yang dihasilkan juga bagus dan keren. Jadi, bagi kamu yang belum pernah ke tempat wisata ini, coba deh liburan ke Pantai Kucur yang satu ini bersama keluarga ataupun pacarmu, dijamin pengalaman liburanmu menjadi tambah menyenangkan. Dan jangan lupa untuk membawa kamera ya untuk mengabadikan momenmu yang terbaik.

Daya Tarik

Wisata Pantai Kucur Puger Jember merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Kucur Puger Jember juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Jember juga terkenal akan Wisata Kucur Puger Jember yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata Gunung Kucur Kecamatan Puger Kabupaten Jember Jawa Timur pada liburan panjang kali ini ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam yang sangat natural dan eksotik. Namun ironisnya tempat tersebut kurang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Jember.

Pantai Kucur yang terletak di Jember Jawa Timur merupakan pantai cukup menawan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai ini dinamakan Pantai Kucur karena Pemberian nama pantai di Jember ini menjadi Pantai Kucur didasarkan atas petilasan bekas pertapaan seorang prajurit yang bertugas mengawal Pangeran Puger dari Kerajaan Mataram yang bernama Mbah Kucur. Petilasan yang terletak di ujung pantai selatan Jember tersebut sekarang ini juga menjadi tujuan wisata batin. Banyak pengunjung yang mengunjungi petilasan ini terutama pada hari Kamis dan malam Jumat. Setiap tanggal 15 Muharram juga sering diadakan upacara adat larung sesaji petik laut. Pantai ini cukup bisa membuat fikiran kita santai merasa terhindar dari kejenuhan Pasir putihnya yang bersih dan ombaknya yang tidak terlau besar sangat membuat nyaman para pengunjung.

Keunikan dari Pantai Kucur Jember?

Pantai seluas 2 (dua) hektare ini dinamakan Kucur karena ditengah-tengahnya terdapat petilasan bekas pertapaan Mbah Kucur, seorang prajurit yang tugasnya mengawal Pangeran Puger dari Kerajaan Mataram,” ujar penjaga pantai sekaligus juru Kunci Mbah Kucur, Soiran.

Nama kecamatan Puger, menu rut Pak Ran, sekitar abad ke 18 Pangeran Puger ditemani em pat pengawalnya yakni Senopati Mataram Suryo Joto, Mbah Pancer Jenggot, Mbah Sindu Pramo dan Mbah Kucur melakukan tapa di pantat barat laut Jember, sehingga dinamakan Puger. “Pangeran Puger mengakhiri tapanya dan kembali ke Mataram, tetapi pengawalnya tidak ikut melainkan menetap di Puger seperti Nusa Barong dan Kucur,” ujarnya.

Petilasan di ujung pantai selatan Jember ini menjadi salah satu tujuan wisata batin. Pada hari-hari Kamis dan malam Jumat banyak pengunjung. Tiap 15 Muharam larung sesaji petik laut.

Pantai ini selain pasirnya putih ombaknya tidak terlalu besar sehingga cocok sebagai tujuan wisata. Ada keunikan dari pantai ini, yakni bisa mengubah bentuk, jika air-Iaut pasang maka pantai bisa jadi pulau karena daratannya landai. Dari jauh warnanya hijau kebiru-biruan, karena Kucur selalu diselimuti tumbuh-tumbuhan pantai dan semak belukar yang rimbun. Sedangkan warna kebiruan, karena daun yang menutupi pantai terkena pantulan air laut yang dipancarkan sinar matahari.

Waktu pagi menjelang fajar menyingsing, pengunjung bisa menyaksikan terbitnya matahari atau sore saat sang surya kemerahan pelan-pelan tenggelam. Pada bulan purnama pesisir pantai bercadas ini nampak seperti bongkahan emas murni yang melingkar di tepi pulau.

Pantai Puger & Pantai Kucur | Dhani911's BlogPesisir ini rimbun ditumbuhi berbagai jenis pohon dari tanaman atau flora khas pantai Tanaman yang ada di sekitar pantai ini adalah sejenis klampis laut, nyamplung, pohon sawo kecik, trembesi, mahoni, sawo gunung, gayam,’ wimbo, mindi, akasia, waru rangkang, kakau, ketapang, sengon laut, balsa sungkai, glodokan tiang, kruing, simpur, merawan (dellia sp) dan tanjung (shoepea).

Binatang yang masih ada di sekitar hutan kijang, menjangan, banteng, kura-kura, pelajar banyak-berkemah dan bisa belajar menyatu dengan alam. Siswa yang berwisata dapat belajar tentang kehidupan binatang yang hidup di alam bebas sambil menikmati segarnya udara pantai.

Jumlah pengunjung sekitar _ 2000 orang pad a hari biasa, pada hari libur dan hari raya idul Fitri lebih dari 20 ribu orang per hari. Pengelola Balai Konserfasi Sumber Daya Alam Jatim II tidak memungut biaya.

dzulfikarg.blogspot.com: Gunung kucur, Puger, JemberPulang berwisata pengunjung bisa belanja terasi, petis dan ikan laut segar langsung dari nelayan yang sandar di Puger. Ada bermacam-macam ikan seperti tongkol berat sekitar dua kilo gram harganya Rp 25 ribu, ikan bandeng dua kilo gram Rp 20 ribu dan ikan pating sekitar Rp 20 ribu untuk tiga kilo gram. Selain itu juga dijual jenis ikan lainnya seperti ikan nus, rajungan, ikan layang, ikan cumicumi, kepiting, ikan pari, ikan layur dan ikan teri putih.

Kawasan Objek Wisata Pantai Kucur Puger Jember  pada hari-hari tertentu, misalnya pada hari kamis dan juga malam jum’at ini kerap sekali ramai oleh para pengunjung yang mana hari itu tepat pada 15 Muharam yang mana akan di adakan sebuah acara Larung Sesaji Petik Laut.  Maksud dan tujuan mengadakan ritual tersebut adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada yang Maha Kuasa atas kelimpahan nikmat dan rezekinya, para nelayan biasanya membuat makanan tumpengan untuk di buang ke laut sebagai rasa syukur warga sekitar.

Selain itu pantai kucur ini memiliki pasir putih yang sangat indah dan juga ombak air laut yang tidak terlalu besar. Sehingga tempat ini cocok sebagai tempat wisata keluarga namun, ternyata ada keunikan tersendiri dari Pantai Kuncur Puger ini. Apabila air laut mulai pasang, pantainya akan berubah menjadi sebuah pulau. Sebab daratannya yang landai terisi dengan air laut pasang dan, jika Anda lihat dari kejauhan air lautnya akan berwarna hijau kebiruan. Sungguh cantik bukan kalau langsung Anda lihat.

Sedangkan di sekitar pantai kucur juga terdapat tumbuh-tumbuhan yang rimbun. Serta terdapat begitu pula banyak monyet, yang sudah menghuni tempat tersebut sekian lamanya. Hal ini tentunya juga menjadikan daya tarik bagi pengunjung, selain itu sekitar pantai terdapat juga kolam renang air tawar yang wajib untuk Anda cobain.

Kisah Spiritual Dan Energi Mistis Di Kucur Puger

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Jember sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata pantai Kucur Puger Jember. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Jember saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar. Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Kucur Puger Jember dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Karena Anda bisa meminta panduan arah ke wisata Wisata Kucur Puger Jember di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum. Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti Puger. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju TPI puger atau Lewat Pantai Pancer kemudian menaiki perahu menuju lokasi Wisata Pantai Kucur Puger Jember tersebut.

Akses Jalan Menuju Pantai Kucur

Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke Pantai Kucur ini tentunya harus tahu dong akses jalan menuju tempat wisata tersebut. Jika kamu belum tahu tapi nekat untuk pergi kesana, bisa-bisa kamu bukannya liburan kamu malah nyasar ketempat lain nantinya. Bagi kamu yang ingin pergi ke pantai yang satu ini, kamu harus mengetahui akses jalan kesana, untuk akses jalan ke pantai tersebut kamu cukup melewati jalur utama dari dari Jember, yaitu Jl. Lumajang-Jember,Selain melewati jalur utama, kamu juga bisa melewati jalur alternatif bila jalan utama macet. Dan untuk mencapai tempat wisata tersebut dari Jember akan memakan waktu sekitar 1 jam lebih lebih bila tidak macet, dan jika macet maka waktu yang ditempuh pastinya akan lebih lama dong. Dan jika macet kamu bisa melewati jalur alternatif tersebut untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Maka dari itu kamu harus pintar mencari jalur dan melihat info lalu lintas terkini.

Jam Buka Dan Harga Tiket Untuk Masuk ke Pantai Kucur

Untuk jam bukanya sendiri, pantai yang satu ini buka selamat 24 jam alias tidak pernah tutup, bagi kamu yang berasal dari luar kota dan ingin pergi kesini, bebas untuk berangkat pukul berapapun, dan diusahakan jangan terlalu siang ya, karena sudah terlalu ramai jika siang hari dan untuk harga tiketnya sendiri kamu tidak perlu membayar alias gratis. Jadi bagi kamu yang kesini sudah tahu kan biaya yang harus dikeluarkan berapa?. Dan jangan sampai lupa membawa dompet ya untuk keperluan lainnya.

Tips Berlibur ke Pantai Kucur

Bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat wisata yang satu ini ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum berlibur kesana. Yang pertama kamu harus membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga, dan pastinya liburanmu akan sia-sia bila tidak membawa kamera dong. Selanjutnya kamu juga bisa mencoba berbagai spot foto yang bagus di tempat wisata ini. Dan yang paling penting jangan buang sampah sembarangan dan jaga etika.

Itulah ulasan singkat mengenai Pantai Kucur yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari sejarah dan pecinta selfie kekinian, bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke tempat wisata yang satu ini bersama keluarga, kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas supaya liburanmu menjadi lancar dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here