Mini Zoo Jember

0
616

Jember Mini Zoo, Kebun Binatang Mini di Pusat Kota

Asyik! Di Jember Sekarang Sudah Ada Kebon Binatangnya Lho...

Jember mini zoo merupakan kebun binatang mini yang dimiliki oleh keluarga Adnan Muhammad yang dulunya digunakan sebagai lahan perah susu. Siapa sangka, dengan dikelola oleh pihak swasta ternyata tempat ini justru menjadi objek wisata pilihan keluarga khususnya masyarakat kota jember untuk melepas penat sementara bersama keluarga.

Jember Mini Zoo jadi wisata edukasi menarik di tengah pandemiHebatnya lagi, meskipun kebun binatang mini, namun tidak semini yang ada dibayangan kita nih, karena masih memiliki cukup banyak jenis hewan. Setidaknya terdapat lebih dari 20 satwa yang terdapat di wisata tersebut.

Kali ini, kita sedikit melancong dari area surabaya, batu, gresik. Ternyata hidden treasure juga terdapat di kota jember, meskipun tidak terlalu terkenal wisatanya seperti kota batu yang ada taman langit bukit banyak, dan lain sebagainya.

Hari Pertama Tahun 2022, Bupati Hendy Ajak Keluarga Kunjungi Wisata Edukasi Jember Mini ZooTerlepas dari hal tersebut, kami sebagai tour guide online Anda pun merasa tertantang ingin mengeksplore lebih jauh tentang potensi yang ada di jawa timur, sehingga Anda dan keluarga juga bisa menikmati jalan jalan bersama. Sediakan waktu beberapa hari saja, hitung hitung untuk melepas rasa penat dan stress dari kegiatan sehari-hari dengan bekerja. Nikmati alam sekitar dengan canda tawa bersama keluarga untuk memulihkan kembali mood dan refresh pikiran Anda.

Berinteraksi dengan binatang tentu bisa menjadi pilihan rekreasi untuk sejenak meredakan stres. Selain itu, berinteraksi dengan binatang juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak untuk lebih mengenal alam sekitar.

Tak perlu jauh-jauh masuk hutan hujan di Kalimantan atau padang savana di Afrika, kebun binatang yang ada di kota kalian bisa menjadi pilihan untuk mengamati binatang-binatang dari berbagai belahan dunia.

Jember Mini Zoo

Kebun Binatang Sekaligus Wisata Edukasi
Di Jember ada satu kebun binatang yang terbilang baru tapi sudah oke untuk jadi pilihan buat piknik. Jember Mini Zoo, sesuai dengan namanya ukuran dari kebun binatang ini memang “mini” jika dibandingkan dengan ukuran kebun binatang lain seperti Kebun Binatang Surabaya atau Taman Safari Prigen.

Siap Beroperasi Kembali, Jember Mini Zoo Suguhkan Banyak Wahana dan Satwa Baru | TIMES IndonesiaMeskipun ukurannya tak terlalu besar, namun tetap saja kebun binatang ini menyajikan suasana yang nyaman untuk berekreasi bersama keluarga. Di sini terdapat beraneka macam binatang, mulai dari mamalia seperti sapi, kelinci, rusa dan kuda poni. Terdapat unggas seperti burung unta, burung hantu, dan burung merak. Ada juga kura-kura dan reptil lainnya.

Sebenarnya tempat ini memiliki luas sekitar 7 hektar, tapi masih terpakai sekitar tiga hektar saja, jadi masih banyak wahana baru atau koleksi baru yang bisa dipamerkan dalam kebun binatang ini.

Jember Mini Zoo

Selain dilihat, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di sini seperti memberi makan sapi dan bisa memberi makan kelinci di Taman Kelinci.

Area Taman Kelinci memang sangat menarik minat pengunjung, terutama anak-anak. Melihat kelinci berlarian dan memberi kelinci makan sayuran pasti menjadi pengalaman seru bagi anak-anak yang baru belajar mengenal lingkungan.

Di sini juga terdapat sebuah danau dengan perahu yang bisa dinaiki pengunjung untuk mengelilingi danau. Pemandangan danau yang memukau bisa menjadi spot foto yang menarik.

Buat makan siang, di sini terdapat resto yang di belakangnya ada pemandangan sawah yang terhampar luas. Lagi-lagi spot ini juga bisa dijadikan latar belakang foto yang instagramable.

Jember Mini Zoo

Wisata edukasi menarik di tengah pandemi

Dibuka di tengah pandemi, pihak pengelola juga menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengunjung menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan memberikan imbauan kepada pengunjung untuk menjaga jarak.

Puluhan Influencer Diajak Mengulas Jember Mini Zoo - SJPBeragam satwa dapat dijumpai seperti burung unta, kura-kura, burung merak biru atau merak India, burung kakak tua, beragam reptil, hewan mamalia, dan ada taman kelinci yang menjadi salah satu wahana favorit anak-anak karena mereka bisa berinteraksi sambil memberi makan beberapa wortel.

Owner Jember Mini Zoo Adnan Muhammad mengatakan luas lahan wisata edukasi kebun binatang kecil tersebut mencapai 7 hektare, namun yang sudah dikelola masih 3 hektare dengan beragam spot menarik yang bisa dikunjungi keluarga.

“Jember Mini Zoo sebagai tempat wisata edukasi yang berkonsep keluarga atau family care, sehingga sangat cocok dan nyaman untuk dikunjungi keluarga saat libur sambil mengenalkan berbagai satwa kepada anak-anak,” katanya.

Bangkitkan Gairah Dunia Pariwisata, Mini Zoo Jember Gandeng Influencer - FaktualNews.coSelama pandemi, wahana wisata yang menjadi alternatif pilihan masyarakat saat liburan bersama keluarga adalah di ruang terbuka seperti yang ditawarkan Jember Mini Zoo yang berada di kawasan kota di Jember.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat sekaligus menanamkan rasa cinta kepada satwa maupun lingkungan, sehingga Jember Mini Zoo untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap satwa dan alam sejak dini kepada masyarakat umum terutama anak-anak,” tuturnya.

Kampung Anggrek memiliki fasilitas kebun binatang mini. TEMPO/Hari Tri WarsonoKawasan Jember Mini Zoo dulunya adalah peternakan sapi perah yang merupakan usaha susu sehat yang dikelola oleh keluarga Adnan, namun sempat fakum dan dengan ide baru akhirnya dikembangkan menjadi wisata edukasi yang cukup menarik.

Tidak hanya melihat berbagai satwa, wisatawan juga dapat berkeliling ke beberapa lokasi yang apik untuk berswafoto sendiri atau bersama keluarga sambil beristirahat di beberapa gazebo yang menawarkan makanan ringan.

Selain menyuguhkan aneka satwa dan taman bermain untuk anak-anak, di kawasan Jember Mini Zoo juga bisa menikmati keseruan bersama keluarga dengan sepeda air atau mendayung perahu bersama di sebuah danau buatan yang sejuk nan indah.

Jember Mini Zoo, Alternatif Wisata Edukasi di Tengah Kota Jember - Surya Travel

Dengan membayar tiket sepeda air Rp10 ribu, wisatawan bisa berkeliling danau dengan menggunakan sepeda air sambil menikmati kesejukan rindangnya pepohonan yang berada di kawasan danau.

Saat sore hari, jika tidak mendung maka pengunjung juga bisa menikmati indahnya sunset di sekitar danau sebelum pulang karena wisata edukasi Jember Mini Zoo ditutup pada pukul 17.00 WIB.

“Ke depan kami akan membangun kolam renang, pacuan kuda, dan menambah koleksi jumlah hewan untuk dihadirkan di Jember Mini Zoo demi memanjakan para pengunjung untuk menikmati liburan bersama keluarga,” ujarnya.

Adnan berharap wisata edukasi di alam terbuka itu dapat dikembangkan menjadi sebuah wisata edukasi keluarga yang lebih menarik, sehingga masyarakat Jember tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk pergi ke kebun binatang karena sudah ada Jember Mini Zoo.

Gandeng Influencer Jember untuk Kenalkan Wisata Baru Tengah Kota - Memo TimurSalah seorang pengunjung Alexandra Aulia Maharani mengaku senang berkeliling ke Jember Mini Zoo untuk mengenal beragam hewan yang selama ini hanya bisa dilihat di buku dan televisi.

“Menurut saya wisata itu bagus sekali sebagai salah satu tempat alternatif wisata edukasi buat anak-anak, apalagi selama pandemi jarang berkunjung ke objek wisata, sehingga adanya Jember Mini Zoo bisa menjadi alternatif untuk liburan keluarga,” katanya.

Alamat Jember Mini Zoo

Influencer Jember Digandeng untuk Kenalkan Wisata Baru Tengah Kota - Portal Jember

Terkenal dengan tempat wisata bekas kandang sapi, tentunya menjadikan jember mini zoo ini sebagai salah satu icon menarik bagi masyarakat sana. Tidak heran dengan menjual “kandang sapi” tersebut membuat orang pada penasaran seperti apa jadinya hasil sulapan tangan dingin pengelola mas Adnan tersebut.

Terletak di jalan yang sangat strategis, yaitu di Jl. Brawijaya, Komplek RedjoAgung, Mangli, Kaliwates, Jember Regency, Jawa Timur. Lokasinya sangat mudah untuk dijumpai oleh para pelancong, khususnya traveler baru yang ingin mengunjungi kota jember.

Terkait rute perjalanan menuju mini zoo yang ada di jember ini, terbilang cukup mudah. Karena pada paragraf sebelumnya kami sudah mengatakan bahwa lokasinya sangat strategis terletak di pinggir jalan.Jika Anda menggunakan transportasi umum, seperti bus atau angkutan kota. Bisa langsung memulai perjalanan dari terminal tawang alun jember, menuju ke arah SMK 5. Setelah sampai di lokasi tersebut, kita bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai ke jember mini zoo.

Kalau pun Anda menggunakan transportasi pribadi, bisa langsung menggunakan jalur tol, kemudian mengarah ke jalan tanjung mangil secara langsung. Tinggal ikuti panduan maps yang telah kami berikan di atas, Anda pun akan sampai ke lokasi tujuan dengan aman.

Wahana Jember Mini Zoo

Cocok untuk Liburan Keluarga, Ini 4 Rekomendasi Kebun Binatang di BogorTerkait jumlah hewan yang terletak di mini zoo ini, kami pun memiliki keyakinan tersendiri, jumlah hewan pasti lebih banyak dari berita yang beredar. Karena rasanya tidak mungkin untuk sekelas kebun binatang hewan nya dibatasi, meskipun luas lahan nya hanya 3 hektar. Dalam jember mini zoo juga terdapat beberapa wahana yang patut kalian coba nih, pastinya tidak akan membuat kalian menyesal. Dan kami pun berani menjamin bahwa liburan di sini tidak hanya bermain, melainkan edukasi juga.

Area Kelinci

Ngasih Makan Kelinci di Mini Zoo Miniapolis - Kebun Binatang Mini Bandung - YouTubeMenjadi salah satu tempat favorit pengunjung saat berada di jember mini zoo, membuat pihak manajemen memutar otak bagaimana caranya agar wahana bermain bersama kelinci ini bisa terus ramai. Maka akhirnya, pengelola pun membuat satu peraturan bahwa para pengunjung dapat memberi makan kelinci.

Memberi makan kelinci di mini zoo - Picture of Lakers BSB, Semarang - TripadvisorUpaya tersebut merupakan cara terbaik untuk mempertahankan pengunjung atau bahkan menambah pengunjung. Tetapi di saat pandemi seperti ini, Anda tidak perlu khawatir ya. Saat memasuki kebun binatang nya pun sudah dibatasi jumlah pengunjung nya, apalagi saat menikmati wahana nya.

Jember Mini Zoo jadi wisata edukasi menarik di tengah pandemi - ANTARA News Jawa TimurIntinya protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat harus dipatuhi ya. Jadi, pihak pengelola pun akhirnya membatasi jumlah pengunjung dan dibuat satu kloter agar masuk ke area kelinci nya bisa tertib.

Danau Cinta

Jember Mini Zoo Jadi Alternatif Wisata Edukasi di Tengah Kota - Surya.co.idDanau ini terbuat secara buatan oleh pihak pengelola. Tujuan dari dibuatnya danau cinta ini adalah agar para pengunjung bisa menikmati sensasi menaiki perahu kecil di tengah danau. Apalagi kegiatan tersebut Anda lakukan bersama orang terkasih.

Namun, kalian harus hati hati ya pada saat bermain di sana. Jangan sampai kecebur ke danau buatannya ya. Karena kedalaman danau buatannya cukup jauh.

Menanam Tanaman

Wahana seru lain nya saat kita berada di sana adalah kita akan diberikan edukasi kepada pihak pengelola bagaimana cara menanam tanaman dengan baik, hal tersebut diupayakan karena pengelola juga ingin mengajak para pengunjung untuk tetap menjaga kualitas sekitar.

Ternyata hal tersebut juga disambut baik oleh pengelola nya. Para pengunjung dilarang merokok selama berada di jatim mini zoo. Dari sini juga kita membayangkan betapa dijaga nya lokasi ini untuk anak cucuk masa depan.

Nah, gimana nih terkait ulasan jember mini zoo? Semoga kalian semua suka dan menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata selanjutnya. Tetapi harus diingat ya, tetap menjaga kesehatan agar bisa terus jalan jalan dan menjadi tour guide online.

Makin Seru Dengan Bertambahnya Wahana Baru Di Jember Mini Zoo

Wahana wisata baru ini ada di Kota Jember, yakni Jember Mini Zoo, Sebelumnya, sejak Juni 2021 lalu, pengelola sudah melakukan soft opening.Ada penambahan wahana seiring grand opening  Rabu (12/1/2022) kemarin, wahana baru itu antara lain arena kolam renang dan bermain air ‘waterboom), kemudian taman kincir, juga ‘mini train’.

Jember Mini Zoo, yang berada di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates. “Meskipun mini, sudah sepatunya Jember punya kebun binatang. Berwisata sambil belajar,” ujar Owner Jember Mini Zoo Adnan Muhammad.Pengunjung anak-anak kini bisa bermain di water boom, selain memberi makan kelinci. Di wahana edukasi, pengunjung berwisata sambil belajar tentang hewan yang ada di tempat tersebut. h.

Lalu berapa harga tiket untuk wahana baru ini, Berikut anggaran yang harus pengunjung sediakan;

-. Tiket masuk Rp 20.000
-. water boom Rp 10.000
-. Memberi makan kelinci Rp 5.000
-. Sepeda air Rp 10.000
-. Mini train Rp 10.000
-. Panahan Rp 10.000
-. ATV Rp 25.000

Namun pengelola menyediakan paket terusan, yang itu akan lebih murah bagi pengunjung. Paket yang tersedia adalah Paket Sulcata sebesar Rp 28.000 per orang. Fasilitas yang didapat adalah tiket masuk, memberi makan kelinci, dan sepeda air.

Kemudian ada Paket Macau yakni Rp 44.000 per orang, dengan fasilitas tiket masuk, memberi makan kelinci, sepeda air, panahan, dan mini train. Sri wahyunik

Harga Tiket Masuk Jember Mini Zoo

Meskipun memiliki luas wilayah yang hanya 3 hektar saja, tetapi tarif yang harus pengunjung bayar agar bisa masuk dan menikmati wahana bermain dan belajar mengenai hewan cukup murah. Anda bisa menyediakan uang sebesar 20rb saja, dan Anda pun bisa menikmati 20 jenis hewan yang ada di sana.

Tetapi, jika Anda membawa anak kecil dan tinggi nya masih di bawah 1 meter atau tepatnya 80 cm saja. Anda tidak mengharuskan bayar tiket masuk, karena anak Anda akan mendapatkan biaya masuk gratis berdasarkan peraturan yang berlaku di lokasi wisata tersebut.

Sedangkan, jika kita membicarakan jam oprasional nya. Terdapat hal unik yang tidak banyak orang terapkan. Yaitu, pada hari jumat tempat wisata ini libur atau tutup, dan kembali buka di hari sabtu. Biasanya kita kerap kali menemui tempat kerja yang hanya libur di hari sabtu dan minggu saja, namun mini zoo dari jember ini memberlakukan hal unik.

Seluruh karyawan libur di saat hari jumat. Dan jam normal buka lkasi wisata jember mini zoo ini terbilang cukup siang kok. Tidak perlu khawatir akan keramaian karena datang telat, jam bukanya dari pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. Jadi silahkan spare waktu kalian di jam berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here