Warung Pak Edi

0
744

Setia Melayani Pelajar di Jember,Warung Legenda Mahasiswa

Mencicipi Warung Murah Favorit Mahasiswa di Jember yang Melegenda

Warung makan Pak Edi yang berada di Gang Kecil Jalan Semeru, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember itu sudah 25 tahun berdiri. Selama itu warung sederhana itu jadi favorit mahasiswa Jember.

Warung Pak Edi provides a selection of sweet dishesKarena harganya yang murah dan ramah di kantong mahasiswa, warung yang berdiri sejak tahun 1996 ini tidak pernah sepi pembeli.

Pemilik warung, Nevi Kurniawati mengatakan, warung yang dikelolanya itu memang sangat dikenal oleh banyak mahasiswa di Jember. Per hari, bahkan dia harus melayani rata-rata 300 sampai 400 pelanggan yang mayoritas dari kalangan mahasiswa.

“Warung makan ini dulunya bapak saya yang buka bersama ibu. Nama Warung Pak Edi itu, ya nama bapak saya. Waktu itu yang dijual nasi bungkus, isinya telur, mie dan nasi. Atau akrab disebut nasi campur. Sekitar tahun 1996 awalnya (buka), dijual waktu itu satu porsi nasi bungkus Rp 1000,” kata Nevi saat dikonfirmasi di warungnya, Minggu (14/3/2021).

Warung Legenda Mahasiswa, 25 Tahun Setia Melayani Pelajar di Jember - FaktualNews.co

Kala itu, kata Nevi yang berjualan adalah bapak dan ibunya. Karena murahnya nasi bungkus yang dijual, ramai dari mulut ke mulut para mahasiswa yang jadi langganannya.

Sehingga warung itupun, meski hanya berjualan nasi bungkus, katanya, ramai pembeli. Mau makan di tempat ataupun dibawa pulang, terserah yang membeli.

“Alhamdulillah ramai pembeli, bahkan dulu bukanya 24 jam. Jadi banyak yang datang saat itu,” katanya.

Bapak dan ibu Nevi saat itu, berjualan di jalur utama Jalan Semeru, tepatnya depan pasar pagi Semeru. Namun tanpa diungkapkan secara jelas. Warung makannya sempat berpindah sebanyak 3 kali.

warung legenda

Sehingga kini warung makan yang dikelolanya, buka di gang kecil bernama Gang Bukit Indah, tidak jauh dari jalur utama Jalan Semeru.

“Warung Pak Edi ini sudah pindah-pindah tempat, sekitar 3 atau 4 kali. Pertama di depan Pasar Semeru itu selama 12 tahun di sana, yang sekarang sudah jadi Indomaret. Kemudian pindah agak ke Selatan, sebelahnya lahan kosong yang sekarang jadi cafe itu. Di situ selama 5 tahun,” ujarnya.

Kemudian karena diminta pindah lagi, kata Nevi, ibunya berkata lebih baik pindah di dekat rumah saja. Tepatnya di Gang Bukit Indah. Ditanya apa alasan dari pindah itu? Nevi enggan menjelaskan detail.

“Akhirnya pindah dekat rumah ini, sekitar Tahun 2010 sampai sekarang. Saat itu ibu bilang, tidak apa-apa pindah, di dekat rumah saja. Tidak perlu khawatir, InsyaAllah kalau rejeki, pasti laku dan tidak sepi pembeli,” kata Nevi menirukan kata-kata ibunya saat itu.

Namun meskipun berada di gang kecil, warung makam Pak Edi yang dibukanya tidak sepi pembeli. Bahkan karena ramainya pengunjunga, Nevi pun harua pindah tempat lagi agak ke selatan dari warung yang lama.

“Karena Alhamdulillah banyak pembeli, jadi pindah dan agak besar sekarang. Untuk pembeli yang datang dan makan Alhamdulillah tetap ramai,” katanya.

Kini di Warung Pak Edi, menu makanan yang dijualnya tidak lagi nasi bungkus saja. Menunya dirubah dan sayuran pendampingnya adalah kulupan.

“Saat itu menunya diperbaharui, pakai kulupan. Jadi menunya sekarang sayur kulupan, dan lalapan. Dengan telur, juga ada tongkol, jika ingin menu lain. Untuk harga sekarang beda. Tapi alhamdulillah tetap murah. Per porsi dibanderol 5.000 rupiah,” ujarnya.

Andalan Anak Kos-kosan

Kombinasi telur dan tepung jadi primadona di Warung Pak Edi ini. Khususnya bagi kalangan mahasiswa. Hampir setiap hari warung ini tak pernah sepi pembeli, meski hanya menawarkan satu menu saja.

Kalangan mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan warung makan Pak Edi, yang berada di Jalan Semeru, Lingkungan Karang Tengah, Kecamatan Sumbersari, ini. Dari beragam tempat makan legendaris di Jember, warung ini termasuk salah satu yang masih bertahan dengan menu tradisional yang cukup mudah ditemui.

Warung milik Edi Mistari ini menjadi salah satu tempat favorit bagi mahasiswa karena menawarkan kuliner simpel dan murah meriah. Yaitu menu lorpong, singkatan dari telor tepong alias telur dan tepung. Telur yang digoreng dengan tepung disajikan lengkap dengan sayur dan sambal, plus tempe dan tahu goreng.

Nevi, salah satu juru masak, mengungkapkan, warung tersebut buka selama 24 jam. Selama kurun waktu itu warungnya hampir tak pernah sepi. Cukup sederhana memang untuk ukuran warung makan. Namun dalam sehari, warung itu mampu memasak hingga 50 kilogram nasi dan 60 kilogram telur. “Malah sebelum korona, mencapai dua kuintal beras sehari semalam,” terangnya.

Harga yang ditawarkan pun cukup ramah di kantong. Dari menu standar seharga Rp 5 ribu, Rp 6 ribu untuk menu jumbo, dan Rp 7 ribu untuk menu super jumbo.

Kata mereka, para pelanggan, menu warung makan Pak Edi memiliki rasa yang bikin ketagihan. “Cocok di lidah, cocok di kantong juga, utamanya mahasiswa dan anak kos sekitar kota,” tambah Fadholi, salah seorang pelanggan.

Alamat Wisata Kuliner Warung Pak Edi semeru jember Kab Jember

Warung Pak Edi semeru jember Kab Jember terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di  Tegal Boto Kidul, Sumbersari, Jember Regency, East Java 68121. Terdapat 87 tempat makan di Kab Jember. Jika anda ingin mendapatkan petunjuk arah ke restoran tersebut, silakan klik tombol petunjuk arah di bawah untuk membuka peta navigasi. Di peta navigasi tersebut, terdapat pilihan apakah memakai kendaraan umum, jalan kaki, atau pakai mobil.

Daftar Menu Andalan Warung Pak Edi semeru jember Kab Jember 2022

Menu andalan di Warung Pak Edi semeru jember adalah Lalapan , Es Jeruk , Teh Kemasan Botol , dan Olahan Ayam/bebek . Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Baik weekday seperti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Jam Buka dan Tutup Warung Pak Edi semeru jember Kab Jember

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Jember. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Warung Pak Edi semeru jember.

Warung Pak Edi semeru jember buka jam 07.00 dan tutup jam 22.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.

No telp dan kontak Warung Pak Edi semeru jember Kab Jember

Jika ada yang kurang jelas mengenai tujuan wisata anda, ada baiknya menghubungi call center masing-masing tempat wisata tersebut. Di bawah kami sediakan daftar no telp yang bisa dihubungi. Jika ada no telp yang tidak bisa dihubungi, mohon infokan kepada kami.

Warung Pak Edi semeru jember bisa dihubungi via call center di 0822-3464-1152

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here