Bukit SJ88 Jelbuk

0
525

SJ88, Bukit Mentari yang Menjadi Wisata Kekinian Jember

Pesona wisata Kabupaten Jember memang terus menunjukkan eksistensinya. Banyak sekali destinasi wisata keren yang sudah bisa kamu kunjungi di Jember, dari pantai hingga bukit. Ngomongin soal bukit. Sudah pada tahu kan kalau Jember dikenal dengan sebutan kota Seribu Bukit?

Nah, salah satu bukit yang lagi nge-hits dan digandrungi oleh arek lokal Jember adalah bukit SJ 88 atau Bukit Mentari. Bukit ini terletak di Terletak di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember. Hanya berkisar 10 km ke arah utara dari pusat kota Jember. Arek lokal tinggal mengikuti saja petunjuk arah yang sudah terpasang dan petunjuk itu akan membawa melewati hutan pinus yang menyejukkan mata.

Nama SJ 88 ini ternyata merupakan singkatan loh. S dari kata Sucopangepok (nama dari desa tersebut), J untuk kata Jelbuk (nama kecamatan) dan 88 karena letaknya di 880 MDPL (meter di atas permukaan laut), namun ada juga yang bilang 88 ini di ambil karena ada salah satu batu yang berbentuk angka 8.

Indahnya Negriku : Bukit SJ88Untuk mencapai spot paling atas, dan menemukan batu-batu nan elok, arek lokal harus mendaki sekitar 30 menit saja. Sesampainya disana, nikmati suguhan nuansa layaknya mendaki gunung karena track nya yang menanjak. Tapi tenang saja, sudah disediakan tempat-tempat untuk beristirahat, sekedar minum, dan menghela nafas sebelum lanjut tracking ke puncak. Jangan lupa bawa persediaan air mineral yang cukup ya.

Puncak SJ 88 menawarkan pesona yang tidak biasa. Dari atas sini, kamu bisa meilhat kota Jember dari kejauhan dengan suasana yang berbeda. Semilir angin nan sejuk khas cuaca dataran tinggi akan membuat terlarut. Apalagi pemandangan saat matahari terbit, pantas saja bukit ini juga terkenal dengan nama bukit mentari. Nah, kalau beruntung, arek lokal bisa menikmati pemandangan yang tertutup kabut layaknya bukit di atas awan. Ga bakal menyesal deh mendaki jauh-jauh.

WISATA BUKIT DIATAS AWAN J88 JELBUK – Bukit Di Atas AwanBukan hanya melihat bebatuan yang menjulan tinggi ini dari bawah, pengunjung juga bisa naik di atas bebatuannya. Sudah ada tangga yang memfasilitasi buat duduk bersantai di atas batu. Namun, untuk batu dengan ukuran yang paling besar, harus punya jiwa adrenalin yang tinggi. Karena tidak ada tangga untuk sampai ke atas. Eits tenang saja, sudah ada guide dari warga lokal yang siap mengantar bahkan memopong untuk sampai ke atas batu. Bisa ber-selfie-selfie ria deh, tapi tetap ingat keselamatan ya. Safety first!

Kini juga sudah dibangun beberapa spot foto yang menarik. Seperti papan kayu yang dibangun di atas pohon, layaknya sedang berada di paralayang. Jika enggan menaiki batu, tempat ini bisa jadi alternatif untuk berfoto. Background dan keindahan yang disuguhkan tidak kalah menakjubkan.

WISATA BUKIT DIATAS AWAN J88 JELBUK – Bukit Di Atas AwanAda tips nih buat arek lokal yang tidak suka dengan suasana yang terlalu ramai. Kamu bisa pergi saat weekdays. Karena saat weekend, jumlah pengunjung yang berwisata ke SJ 88 bisa mencapai 500-600 pengunjung. Jumlah ini juga masih melonjak drastis saat musim liburan tiba.

Spot Foto di Atas Jurang Ini Lagi Hits dan Patut Untuk Kamu Coba | YuKepo.comDengan pesona alam yang sudah tidak bisa diragukan lagi keindahannya, tempat wisata yang satu ini juga sangat murah. Hanya dengan membayar sekitar 5 ribu rupiah saja untuk parkir motor dan 5 ribu rupiah lagi untuk guide lokal yang akan setia memopongmu di batu yang paling tinggi.

Menikmati Keindahan Negeri di Atas Awan SJ88

Ada yang Baru di Wisata Bukit di Atas Awan J88 - traveranNah, bicara tentang liburan maka gak ada salahnya kalian wajib coba kunjungi wisata yang satu ini, yaitu puncak sj88. Puncak sj88 sendiri wisata buatan yang nantinya kita bakal disuguhin pemandangan alam yang eksotis serta bisa melihat keindahan jember dari puncak sj88 tersebut. Jadi kita bakal tahu Jember dari puncak dan bisa tahu jember tercinta kita yang sedang berkembang. Bakalan takjub deh kalian. Biar gak penasaran, aku ceritakan wisata puncak SJ88 dan beberapa spot yang ada disana.

J88 Jelbuk Jember, Sensasi Keindahan Bukit Di Atas awan – Bukit Di Atas AwanSJ88 atau yang biasa disebut bukit mentari merupakan bukit yang terletak di desa Sucopangepok, Jelbuk dengan ketinggian 880 mdpl. Sehingga nama sj88 sendiri memiliki makna. SJ yang menunjukkan lokasinya, 88 dari ketinggian. Selain itu 88 juga diambil dari salah satu batu yang berbentuk angka 8. Untuk bisa menuju ke lokasi ini, kita perlu sekitar 30-45 menit dari kota jember. untuk memudahkan menuju lokasi kita bisa menggunakan maps serta mengijuti petunjuk yang ada ketika sudah memasuki kawasan jelbuk.

 

Berikut Beberapa Spot yang bisa kalian rasakan di wisata Puncak SJ88

 

1.  Spot Foto Ala OOTD Sayap Terbang

 

WhatsApp Image 2018-05-26 at 00.01.21OOTD atau Outfit Of The Day yang menjadi kekinian dikalangan remaja ataupun dewasa, OOTD di SJ88 pun bisa dilakukan. Yaitu dengan foto background sayap terbang yang makin menambahkan keindahan foto kalian. Biasanya foto disini sering dilakukan sebelum kita mendaki ke tahap selanjutnya. Ingat juga, jaga kebersihan ya kawan

 

2. Tanjakan Payung

 

WhatsApp Image 2018-05-26 at 00.07.23

Untuk Menuju Puncak SJ88 kalian bakalan melewati tanjakan payung ini. Nama tanjakan payung ini aku sendiri yang menamakan hehe, karena ada tanjakan yang dihiasi dengan payung warna warni. Disini juga kalian bisa melakukan spot foto untuk mengabadikan momen kalian.

8 Potret Keindahan di Atas Bukit J88, Jember yang Menyihir Siapa pun

Travel Blog 01 Keindahan Puncak Sj88 Jember Dea Tata E N

3. Rumah Pohon

Wisata Kolong Langit » Greatnesia

WhatsApp Image 2018-05-26 at 00.15.39(1)WhatsApp Image 2018-05-26 at 00.15.39

8 Potret Keindahan di Atas Bukit J88, Jember yang Menyihir Siapa pun

Travel Blog 01 Keindahan Puncak Sj88 Jember Dea Tata E N

Rumah Pohon sendiri terdapat 2 buah, tinggal kalian pilih saja sesuai yang kalian mau. atau bisa juga kalian rasakan semuanya. Di rumah pohon sendiri kalian bakalan merasakan suasana yang berbeda utamanya bagi kalian yang kesibukannya padat, disini kalian merasakan ketenangan sehingga suasana hati lega. Ingat ya, jaga keselamatan. karena rumah pohon tinggi dan dibawah jurang.

Selain itu kalian bisa melihat sudut jember tercinta ini dari rumah pohon. dan kalian benar benar tahu bahwa jember saat ini sedang berkembang, banyak bangunan megah serta tata kota yang mulai penuh. itu semua bisa kalian lihat dari rumah pohon tersebut. Untuk meningatkan kalian, bahwa paling lama waktu yang disarankan 5 menit. ini agar para pengunjung untuk bergantian ke rumah pohon. Ingat ya jangan egois. jika ingin lama di rumah pohon maka datanglah lebih pagi dan jangan pada hari libur.

Pesona Keindahan Bukit di Atas Awan J88 Milik JemberWhatsApp Image 2018-05-26 at 00.17.43

WhatsApp Image 2018-05-26 at 00.15.39(2)

4. Kursi Santai

 

Pesona Keindahan Bukit di Atas Awan J88 Milik Jember

5 Destinasi Wisata Paling Hits di Jember, Instagenic Banget!WhatsApp Image 2018-05-26 at 00.58.51

Kursi santai yang aku maksud ialah kursi yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan untuk foto serta duduk. jadi kita tetap disuguhkan pemandangan yang membuat mata segar dan suasana mencair. Disini kita juga bisa melakukan foto sembari istirahat karena lelah mendaki.

SJ88: Pendakian Melelahkan, Tapi Sepadan - Astropenna LintangSJ88: Pendakian Melelahkan, Tapi Sepadan - Astropenna Lintang

Ada yang Baru di Wisata Bukit di Atas Awan J88 - traveran

5. Batu Puncak SJ88

sj88 - Twitter-søgning / Twitter

WhatsApp Image 2018-05-26 at 01.06.39.jpeg

10 Destinasi Wisata Di Jember Yang Keren Dan Instagenik

Ditempat ini, menjadi sasaran atau tujuan akhir dari wisata SJ88. Di batu besar ini kita bisa merasa diketinggian dan melihat keindahan alam yang masih alami. Sungguh takjub dan luarbiasa. Tapi buat kalian yang phobia ketinggian jangan coba coba untuk menaiki batu ini. karena bisa berbahaya. Selain batu puncak ini, masih ada batu yang lain namun lebih rendah dari yang ini. Dan buat kalian yang ingin berkunjung disini jika musim hujan berhati hati ya, karena jalanan licin dan kita mudah sekali terjatuh. Oleh karena itu tetap jaga keselamatan ya kawan.

 

BUKIT-BUKIT itu memberikan pemandangan yang masih asri dan alami. Salah satu buktinya adalah adanya wisata bukit SJ88 atau juga dikenal sebagai bukit mentari yang terletak di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember.Pemilihan nama SJ88 sendiri ternyata cukup unik. Nama tersebut diambil dari singkatan lokasi bukit itu sendiri yaitu S (Sucopangepok) J (Jelbuk) dan 88 adalah angka yang menunjukan ketinggiannya yakni 880 MDPL (meter di atas permukaan laut).

SJ88: Pendakian Melelahkan, Tapi Sepadan - Astropenna LintangObjek wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan alam perbukitan dan pemandangan kota Jember dari ketinggian. Dari atas SJ88 pengunjung dapat meilhat kota Jember dari ketinggian dengan hembusan angin yang sejuk khas cuaca dataran tinggi. Untuk menikmatinya, pengelola juga menyediakan beberapa spot foto berupa rumah pohon, payung warna-warni juga tangga menuju sensasi berfoto di atas batu besar yang menjulang di atas bukit.

10 Wisata Alam Jember Yang Super Instagramble Wajib Di Kunjungi -  bramakha.comJika lapar, pengunjung juga bisa menikmati kuliner sederhana yang disediakan pengelola. Pengunjung juga bisa menikmati sendiri makanan yang dibawa dari rumah di area camping. Jika beruntung, sajian kuliner itu bisa sekaligus dinikmati dengan memandang kabut yang menggantung di depan mata. Seolah berada di atas awan. Terlebih jika bisa melihat  matahari terbit atau tenggelam yang begitu indah.

12 Wisata Alam Jember yang Memesona, dari Pantai hingga Bukit - Surabaya Liputan6.comPada, Jum’at (13/3/2020) berkesempatan mengunjungi lokasi wisata SJ88, dan benar saja sesampainya lokasi semua penasaran terbayar lunas dengan suguhan keindahannya. Beruntung saat Tadatodays  berkunjung bukan pada hari liburan. Sebab, kata warga sekitar, pada hari libur akan ada ribuan pengunjung yang memadati wisata bukit SJ88 tersebut. Sehingga pengunjung yang tidak terlalu suka dengan keramaian, disarankan mengunjunginya bukan di hari libur. Sehingga dapat dengan tenang menikmati semilir angin, hijaunya pohon dan pemandangan kota Jember dari ketinggian.

Pesona Keindahan Bukit di Atas Awan J88 Milik Jember

Fasilitas Bukit SJ88 Jember

Ada yang Baru di Wisata Bukit di Atas Awan J88 - traveran

Seperti yang disebutkan di atas, tempat ini masih belum tersentuh oleh tangan pemerintah daerah maupun pengelola swasta untuk lebih dikembangkan lagi sebagai salah satu obyek wisata di Jember yang tak boleh dilewatkan. Karena hal ini, anda jangan berharap bisa menemukan fasilitas-fasilitas penunjang seperti warung-warung, tempat penyewaan kemah, pemandu dan lainnya.

PUNCAK SJ88 JELBUK KAB. JEMBER - JAWA TIMURBeberapa fasilitas yang bisa anda temukan di sini hanyalah masjid untuk beribadah yang letaknya berada di lokasi start pendakian ke Bukit J88, kamar mandi umum yang juga menjadi satu dengan masjid dan lahan parkir kendaraan bermotor yang posisinya juga berdekatan dengan masjid. Jadi anda harus memastikan untuk membawa bekal yang cukup karena pendakian ke bukit bisa terasa melelahkan.

Semoga saja kedepannya pemerintah daerah lebih memperhatikan tempat ini sehingga bisa mulai membangun beberapa fasilitas penunjang yang dibutuhkan wisatawan agar semakin banyak yang berminat datang ke Bukit J88.

Untuk masalah fasilitas di tempat wisata yang menyuguhkan lanscap bumi Jember ini, cukup lengkap. Fasilitas yang dimiliki iyalah Area Parkir, toilet umum, warung makan, gardu pandang, spot foto, dan masih perlu di perbanyak lagi fasilitas yang di sediakan agar pengunjung lebihh nyaman dan betah berada di kawasan wisata Bukit SJ88 Jember.

Hunting Foto di Bukit J88

Nah bagi para penggemar fotografi, anda akan sangat dimanjakan di lokasi wisata yang satu ini, karena dari ketinggian bukit anda bisa menyaksikan berbagai macam pemandangan yang menawan. Mulai dari selimut awan putih yang terlihat seperti lautan kapas lembut, bukit-bukit lain di kejauhan, dan saat awan tersebut perlahan mulai menghilang, panorama lainnya akan menggantikan.

Pesona alam yang hijau dan asri di bawah bukit akan terasa sangat menenangkan, dan tentunya menjadi target bidikan sempurna untuk kamera anda. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto diri anda sendiri beserta teman-teman dengan latar belakang pemandangan indah karya Sang Pencipta. Jika anda mau berjuang lebih, anda juga bisa menunggu saat matahari akan terbit atau saat matahari mulai perlahan beranjak ke peraduannya. View sunrise dan sunset ini juga banyak dicari wisatawan yang datang. Tapi anda harus ingat untuk berhati-hati mengambil foto di tempat ini karena letaknya yang tinggi.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit SJ88 Jember

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bukit SJ88 ini bisa Anda temukan di daerah Jl. PB Sudirman 73, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68192 Indonesia. Nah untuk Anda yang masih belum asing dengan jalanan di Jember khususnya daerah Jelbuk, Anda bisa menggunakan navigasi dari google map. Cukup search dengan keyword Bukit SJ88 Jember.

Untuk rute jalan menuju ke Bukit J88 anda dapat langsung berkendara menuju desa Sucopangepok kecamatan Jelbuk, Jember, untuk papan penunjuk jalan sayangnya masih belum ada jadi anda dapat memakai google map untuk menuju desa itu, tempatnya tak demikian susah kok anda dapat tanyakan pada warga sekitaran yang tentu mengetahui lantaran obyek wisata ini saat ini cukup popular serta banyak dikunjungi, dari tempat parkir anda dapat meraih puncak dengan dua rute yang pertama menuju puncak dengan mengelilingi bukit serta yang ke-2 dengan mendaki dengan medan yang cukup terjal. Serta umumnya yang cukup banyak disenangi pengunjung rute yang ke-2 lantaran cukup menantang serta meningkatkan adrenalin, namun bagi anda yang tidak mau terlalu kelelahan lebih baik mengambil rute pertama. Untuk meraih puncak bukit ini cuma memerlukan saat 25 menit saja

Sedangkan untuk akses menuju Bukit SJ88, cukup menguras tenaga, jalanan lumayan menanjak, mendekati lokasi jalanan masih mekadam dan banyak kelokan. Anda bisa menjumpai wisata ini menggunakan kendaraan pribadi atau roda dua. Bukit SJ88 kalau dari pusat kota jember kurang lebih 24 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menitan.

Sebelum memasuki desa sucopangepok sendiri, kita bakal disuguhin kesejukan hutan hutan didaerah jelbuk. dan jangan lupa kita bisa menoleh ke kanan jalan karena disitu kita bakalan melihat monumen perjuangan mastrip. Monumen perjuangan mastrip sendiri berdasarkan sejarah yang tertulis di monumen tersebut bahwa pada juli 1947 ditempat ini telah terjadi peristiwa perjuangan  berupa penghadangan oleh Tentara Republik Indonesia Pelajar ( MASTRIP ) Batalyon 4000 dikenal dengan Pasukan Kukuk Beluk Terhadap Konvoi Tentara Penjajah saat Agresi Militer I. Nah, selain kita berwisata kita bakal tahu sejarah juga kan. Utamanya warga Jember agar kita bisa memahami sejarah yang ada di Kota tercinta ini.

Nah, dari monumen tersebut kita lurus saja nanti ada gang besar dan bakal ada petunjuk untuk menuju puncak sj88. Kita tinggal ikutin petunjuk, atau bisa menggunakan maps dan bertanya pada warga sekitar. Sepanjang perjalanan kita bakal merasakan kesejukan alam. Betapa berharganya kita bisa menghirup udara segar dan melepas pikiran sejenak, Apalagi yang selalu beraktifitas di kota tanpa merasakan kesejukan. Disinilah kalian bisa bernafas lega tanpa melihat hiruk pikuk kota yang semakin panas. Setelah sampai pada tempat, kalian bakalan parkir ke suatu rumah warga yang nantinya kalian bakalan menitipkan kendaraan kalian. Ohya, nanti kalian cukup membayar 5000 saja untuk biaya parkir. Jangan lupa kunci ganda kendaraan kalian, agar kendaraan kalian lebih aman.

WhatsApp Image 2018-05-25 at 22.52.37

Dari tempat parkir, kalian jalan menuju puncak kurang lebih 30-45 menit. tergantung dengan kekuatan kalian dalam mendaki. karena perjalanan nanti kalian bakal mendaki bukit. tenang kalian gak perlu kawatir, nantinya bakalan ada tempat istirahat dan warung disetiap tanjakan tersebut. Gambar dibawah ini merupakan salah satu warung disetiap tanjakan yang ada.

Salah satu warung di tanjakanSalah Satu Warung Di setiap tanjakan

Setelah kalian sampai puncak, kalian bakal bertemu dengan petugas tiket. Kalian bakal diminta untuk membayar biaya masuk wisata puncak sj88. Tenang kok, harganya pas buat kantong, cukup 5000 kalian bisa menikmati eksotis jember dari puncak ini. setelah itu kalian bakal mencoba beberapa spot yang ada disana. Setibanya disana kalian perlu hati-hati dan utamakan keselamatan. Dan disana kalian dilarang untuk Membawa Senjata Tajam, Senapan dan Minuman keras.

WhatsApp Image 2018-05-25 at 23.54.39.jpeg

Pengembangan Infrastruktur SJ88

40422e7e-7602-462f-8f5b-739a31b4486766e0fd17-6981-4317-bd76-0963cd4f52e00b992e79-a0a8-474b-a7b7-09f30b3ec805

Banyak hal perbaikan dan pengembangan wisata SJ88 yang dilakukan oleh Pokdarwis dan Pihak wisata khusus perhutani untuk memperbagus dan memperindah SJ88 agar menarik banyak pengunjung dan mempermudah pengunjung dalam berwisata ke SJ88.

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Bukit J88

Dikarenakan tidak adanya pengelolaan yang resmi di obyek wisata Bukit J88, jadi memang tidak ada jam buka khusus alias 24 jam setiap hari. Anda bisa datang saat subuh-subuh di mana matahari menjelang terbit atau mendekati sore hari saat matahari terbenam. Tiket masuk juga tidak ada namun biasanya pengunjung hanya mengeluarkan uang sumbangan untuk masjid yang ada di dekat bukit tersebut.

Harga Tiket Masuk Bukit SJ88 Jember

Untuk tiket masuknya di wisata yang tengah populer ini cukup bersahabat, Anda akan di kenakan tariff sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua di tariff Rp 2.000 dan Roda empat Rp 5.000. nah kan cukup bersahabat tiket masuknya, Anda bisa menikamati alam indah asri, dan udara yang begitu sejuk. Dan selebihnya dapat koleksi foto terbaru yang hits kekinian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here