Pantai Watu Ulo

0
350

Uniknya Pantai Watu Ulo Jember, Ada Batu Bagaikan Ular Raksasa
5 Informasi Penting untuk Berwisata ke Pantai Watu Ulo JemberUniknya Pantai Watu Ulo Jember, Ada Batu Bagaikan Ular Raksasa Halaman all - Kompas.com

Tidak hanya memiliki pantai dengan keindahan panorama, Kabupaten Jember ternyata juga memiliki destinasi yang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah Pantai Watu Ulo. Sebenarnya Watu Ulo masih satu garis pantai dengan Payangan. Namun kawasan Pantai Watu Ulo berada di sisi barat garis pantai tersebut yang berbatasan dengan sebuah bukit di sebelah baratnya. Baca juga: Pantai Payangan, Pesona Bagai Khayangan di Jember Selatan Secara administratif, Watu Ulo juga verada di desa dan kecamatan yang sama dengan Pantai Payangan. Lokasi tepatnya adalah di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Menuju Watu Ulo pun searah dengan Pantai Payangan. Nantinya menjelang sampai, akan ada plang petunjuk jalan menuju Pantai Watu Ulo. Cukup ikuti jalan yang ditunjukkan oleh plang itu dan perjalanan akan sampai di tujuan. Batu Ular Pantai Watu Ulo memiliki pasir yang berwarna hitam seperti di Payangan. Memandang ke arah timur, tersaji panorama bentang garis pantai yang luas hingga bukit-bukit di Payangan dan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Watu Ulo 🏖️ HTM, Rute, Foto & Ulasan PengunjungPanjangnya garis pantai tampak berbelok dari arah timur menuju selatan di ujungnya. Belokan itu tampak bagaikan lengkungan raksasa dengan latar belakang perbukitan dan langit biru jika cuaca cerah.

Pantai Watu Ulo Jember, Tiket Masuk 2021, Fasilitas, Rute, Daya Tarik & Aktivitas Liburan - Kepengen WisataSelain panoramanya yang indah, pantai ini dikenal karena memiliki keunikan tersendiri berupa sebuah batu yang memanjang ke lautan. Panjang batu ini yang terlihat adalah sekitar 110 meter dengan lebar kurang-lebih 4 meter. Batu memanjang inilah yang menjadi asal penamaan Watu Ulo pada pantai ini. Watu Ulo terdiri dari dua kata dari bahasa Jawa, yakni watu berarti batu dan ulo yang berarti ular. Jika digabungkan, maka arti nama pantai ini adalah Batu Ular. Watu Ulo yang Berselimut Legenda Bentuk permukaan batu yang seolah seperti sisik juga semakin memperkuat persepsi jika batu ini menyerupai ular raksasa. Tentu keunikan formasi Watu Ulo ini membuatnya tidak lepas dari legenda yang menyelimutinya.

Berwisata ke Pantai Watu Ulo JemberAda beberapa versi legenda tentang asal muasal batu yang memanjang ini. Salah satu legenda menyebutkan jika batu ini merupakan seekor naga yang sedang bersemedi. Konon ia diutus oleh Ajisaka untuk bersemedi dan akan kembali menjadi manusia begitu terbangun nanti.Legenda lain menyebutkan jika batu ini adalah bagian tubuh dari naga jahat bernama Nogo Rojo. Ia begitu rakus dan memakan berbagai makhluk laut lainnya sehingga menyebabkan masyarakat setempat tidak bisa menangkap ikan. Pada akhirnya, naga itu dikalahkan oleh seseorang bernama Raden Mursodo. Ia memotong Nogo Rojo menjadi tiga. Bagian kepalanya konon ada di Pantai Pantai Grajagan Banyuwangi, sementara ekornya ada di Pacitan.

Asal Usul Nama Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo, Pantai Yang Memiliki Keindahan Dibalik Kisah Mistisnya - Tempat.meWatu Ulo adalah nama salah satu pantai yang ada di wilayah kabupaten Jember. Selama ini Pantai Watu Ulo telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik dari daerah Jember maupun di luar Jember. Selain karena keindahan pantai serta pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya, ada satu ciri khas lagi yang membuat pantai Watu Ulo menjadi sangat istimewa. Hal itu tak lain adalah susunan batu panjang yang menjorok ke pantai dan menyerupai bentuk ular.

Nama Pantai Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Watu” yang berarti Batu dan “Ulo” yang berarti Ular. Jadi Pantai Watu Ulo dapat diartikan sebagai Pantai Batu Ular. Dan yang melatarbelakangi penyebutan nama Watu Ulo sendiri tidak lain karena Batu panjang menyerupai bentuk ular di sisi pantai yang menjorok ke laut.

pantai watu ulo Arsip - Backpacker JakartaSusunan batu di pantai ini yang berbentuk seperti luar

Ada yang mengatakan bahwa pantai ini dulunya dikuasai oleh Sesosok Ular raksasa yang bernama Nogo Rojo. Nogo Rojo dalam bahasa Indonesia berarti “Raja Naga”. Dan Nogo Rojo tersebut bertarung dengan penduduk setempat karena perebutan wilayah. Nogo rojo pun akhirnya berhasil dikalahkan dan tubuhnya dibelah menjadi tiga. Batu bersisik yang menyerupai ular inilah yang akhirnya dipercaya sebagai potongan dari tubuh Nogo Rojo Yang terbelah.

Di sisi lain ada yang mengkisahkan versi yang berbeda, di mana sosok Nogo Rojo adalah utusan Ajisaka yang hingga saat ini masih ada di pantai tersebut untuk bertapa dengan tubuh yang sudah tidak lengkap, di mana kepala dari Nogo Rojo berada di Banyuwangi sedangkan yang berada di Pantai Watu Ulo adalah bagian badan dan ekornya.

Tak diragukan lagi, susunan batu yang memanjang dan menyerupai ular itulah yang membuat pantai ini kemudian dikenal khas dengan sebutan Watu Ulo. Jika Anda pernah berkunjung ke sana, Anda akan melihat sendiri bahwa batu tersebut tak dijuluki ‘watu ulo’ atau ‘batu ular’ tanpa sebab. Selain bentuknya yang memanjang menyerupai ular, struktur batu tersebut juga mirip dengan sisik ular.

Keunikan struktur batu tersebut memunculkan banyak legenda serta cerita mengenai asal-usulnya. Salah satunya adalah yang dituturkan langsung oleh Anshori, penjaga Pantai Watu Ulo pada merdeka.com, Minggu (07/09) lalu.

Konon, dipercaya bahwa wilayah pantai selatan tersebut dihuni oleh Nogo Rojo yang berwujud ular raksasa. Nogo Rojo yang menguasai wilayah pantai ini memakan semua hewan yang ada di dalamnya, hingga masyarakat tidak bisa mendapatkan makanan dari tepat tersebut.

Lantas, tersebutlah dua orang pemuda bernama Raden Said dan Raden Mursodo yang bersaudara. Kedua pemuda tersebut adalah anak angkat dari Nini dan Aki Sambi, pasangan yang sudah berusia cukup tua. Raden Said dalam cerita ini dipercaya sama dengan Raden Said yang nantinya dikenal dengan sebutan Sunan Kalijaga.

Singkat cerita, legenda mengatakan bahwa kedua pemuda tersebut memancing di tempat Nogo Rojo tinggal. Karena semua hewan di sana telah dimakan oleh Sang Ular Raksasa, maka kedua pemuda tersebut tak berhasil mendapatkan ikan satu pun. Hingga akhirnya, kail Raden Mursodo berhasil mengait satu ikan yang disebut ikan mina.

Ikan mina itu ternyata bisa berbicara. Dia meminta agar dilepaskan dan tidak dibunuh untuk dijadikan makanan. Sebagai gantinya, ikan mina tersebut akan memberikan sisik yang bisa berubah menjadi emas untuk Raden Mursodo. Raden Mursodo menyetujuinya dan melepas ikan mina itu kembali ke laut.

Namun tak berapa lama kemudian, ternyata muncullah Nogo Rojo dan langsung memakan ikan mina yang sudah dilepaskan oleh Raden Mursodo. Geram, Raden Mursodo segera melawan Sang Ular Raksasa dan membelah tubuhnya menjadi tiga bagian. Inilah yang menjadi asal-muasal terbentuknya Watu Ulo di pantai Jember.

Saking besarnya, tiga bagian ular raksasa itu terpencar. Bagian badannya berada di Pantai Watu Ulo Jember, bagian kepalanya berada di Grajakan Banyuwangi, dan bagian ekornya berada di Pacitan. Potongan tubuh Nogo Rojo itulah yang kemudian hingga saat ini dipercaya menetap di pantai Watu Ulo dan menjelma menjadi batu-batuan yang menjorok ke laut.

Meski mitos ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun ada fakta-fakta unik yang membuat masyarakat percaya dengan mitos tersebut. Salah satunya adalah bahwa panjang batu yang seperti ular tersebut diketahui sangat panjang dan besar.

Panjang Watu Ulo dari pesisir yang menjorok ke laut yang berada di atas pasir dan di bawah air adalah sekitar 500 meter. Namun besar watu ulo yang berada di bawah pasir masih belum diketahui hingga kini. Bahkan diyakini bahwa panjang watu ulo dari pesisir ke daratan bisa menembus sampai ke hutan di sekitar kawasan Watu Ulo dan Teluk Papuma.

Versi lain dari mitos Watu Ulo adalah bahwa batu panjang tersebut merupakan perwujudan naga yang sedang tertidur dan bersemedi. Naga tersebut diutus oleh Ajisaka untuk bersemedi, dan nantinya dipercaya bahwa naga itu akan terbangun dan menjadi manusia. Versi ini ada dalam buku Mitos dalam Tradisi Lisan Indonesia, karya Dr Sukatman M.Pd.

Apapun versinya, mitos dan legenda yang beredar tentang fenomena unik alam seperti Watu Ulo tentunya sangat menarik untuk digali. Legenda semacam ini juga menjadi kekayaan tersendiri bagi kebudayaan dan folklore masyarakat Indonesia. Jika ingin membuktikan semirip apa batu memanjang tersebut dengan tubuh ular, datanglah ke Pantai Watu Ulo di Jember, Jawa Timur!

Pantai Watu Ulo Jember

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo

Ketika anda berencana explore keindahan alam Pantai Watu Ulo, jangan khawatir kantong akan kering keronta.Karena untuk mengunjungi tempat piknik terbaru di Jember satu ini anda tidak akan kehilangan banyak uang.Cukup dengan Rp.5.000/orang untuk harga tiket masuk Pantai Watu Ulo, anda bisa puas jelajah spot dan keindahan alamnya.

Jika anda berwisata di Pantai Watu Ulo menggunakan kendaraan, terdapat biaya tambahan retribusi parkir Rp.3.000/motor dan Rp.5.000/mobil.(HTM objek wisata alam Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur bisa berubah setiap saat tanpa adanya pemberitahuan).

Menelisik keindahan alam Pantai Watu Ulo, anda bisa explore keindahannya kapan saja karena tempat ini buka setiap hari.Destinasi wisata Pantai Watu Ulo Jember di buka setiap hari dengan operasional dari jam 06.00 – 18.00 WIB.

Alamat dan Rute Lokasi

Jelajah keindahan alam Pantai Watu Ulo anda akan dimanjakan dengan akses jalan yang baik.Pantai Watu Ulo menjadi salah satu tempat wisata populer dan terkenal di Kabupaten Jember Jawa Timur.Ketika anda berencana explore keindahan Pantai Watu Ulo, lokasinya beralamat di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

ara wisatawan bisa mengunjungi pantai cantik di Jember terbaru satu ini menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.Jika perjalanan wisata anda saat explore destinasi terbaik di Kabupaten Jember mengalami kesulitan rute?Anda bisa akses peta lokasi Pantai Watu Ulo dibawah ini untuk mendapatkan rute perjalan terbaik.Dapatkan liburan seru dan menyenangkan dengan jelajah tempat piknik di Jember terbaru satu ini.

Fasilitas

Menawarkan keindahan alam dengan spot menarik didalamnya, Pantai Watu Ulo dilengkapi beberapa fasilitas wisata.

Berikut beberapa fasilitas yang bisa anda jumpai ketika berlibur di objek wisata Pantai Watu Ulo Jember:

  • Area parkir kendaraan wisata
  • Warung jajanan
  • Rumah makan
  • Mushola
  • Camping Ground
  • Spot foto instagramable
  • Penginapan
  • Toilet dan Kamar mandi umum
  • Gazebo
  • Tempat duduk
  • Perahu wisata

Dapatkan perjalanan liburan menyenangkan di Jember Jawa Timur dengan jelajah keindahan Pantai Watu Ulo bersama keluarga.

Spot Wisata di Pantai Watu Ulo

Spot Wisata di Pantai Watu Ulo

Jelajah keindahan dan sudut terbaik dari pantai kece Jember satu ini, jangan lewatkan spot anti mainstreamnya.Dapatkan perjalanan liburan menyenangkan dengan menikmati pemandangan indah dan suasana mendamaikan Pantai Watu Ulo.

Ketika anda berencana merefresh kejenuhan, cobalah explore destinasi wisata alam Jember murah satu ini.Mengunjungi Pantai Watu Ulo, anda akan dimanjakan dengan berbagai macam spot foto instagenicnya.

Nikmati aktivitas hunting foto kece dan dapatkan gambar instagramable yang rekomended untuk anda explore sudut terbaiknya.Jangan lewatkan aktivitas bermandi-mandi dengan menikmati suguhan pantai pasir putih dan air jernih kebiruan tempat satu ini.

Tips Berkunjung

Saat anda inginkan liburan seru dan menyenangkan di Pantai Watu Ulo Jember, persiapkan perjalanan wisata dengan baik.Dapatkan liburan berkualitas di Jember dengan beberapa tips explore Pantai Watu Ulo berikut ini:

  • Waktu terbaik untuk jelajah keindahan alam Pantai Watu Ulo Jember yaitu di pagi dan sore hari.
  • Ketika siang, cuaca sangat terik dan tidak rekomended dikunjungi.
  • Siapkan baju ganti, uang lebih dan pastinya kamera untuk berburu gambar instagenic di Pantai Watu Ulo.
  • Usahakan liburan dalam keadaan fisik prima untuk keseruan di Pantai Watu Ulo Jember.
  • Selalu jaga kebersihan, keindahan alam dan tetap berhati-hati ketika menghabiskan hari libur di pantai.

Semoga ulasan dan informasi menarik dari Jemberterbina diatas bisa memudahkan perjalanan liburan anda menuju Pantai Ulo Watu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here