Air Terjun Tancak

0
329

Air Terjun Tancak

Jember – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki sejuta jenis tempat wisata. Misanya kabupaten Jember, yang terkenal dengan Kota Suwar-suwir. Secara geografis, kabupaten Jember terletak di ujung timur Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi.

      Air Terjun Tancak adalah sebuah lokasi air terjun yang berada di sisi selatan Gunung Argopuro, tepatnya di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dari pusat Kota Jember menempuh jarak 16 km menuju Desa Suci. Air terjun Tancak merupakan air terjun yang memiliki aliran deras dengan ketinggian 82 meter dan debit air 150 meter kubik perdetik.

Air Terjun Tancak

       Air Terjun Tancak dibuka seharian atau 24 jam. Tiket masuk hanya membayar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sebelum sampai di lokasi air terjun kendaraan harus parkir di suatu tempat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarak dari lokasi parkir hingga Air Terjun Tancak kurang lebih sejauh 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Dalam perjalanannya akan melewati area perkebunan kopi, jalanan berbatu, hutan, serta sungai-sungai dengan air yang menyegarkan. Di sekitar air terjun tancak akan disuguhi pemandangan tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman semak belukar yang masih alami. Percikan air yang terjun bebas dari tebing, memberi rasa segar dan sejuk. Air Terjun Tancak sangatlah jernih, dingin, dan menyegarkan.

Air Terjun Tancak

Siapa sangka, kabupaten Jember yang berada di lereng pegunungan Argopuro menyimpan panorama alam yang sangat indah, yakni air terjun Tancak Panti. Air terjun Tancak terletak di desa Suci kecamatan Panti. Jarak tempuh dari kota menuju ke lokasi wisata sekitar 24 km atau kurang lebih 30 menit.

Ada dua cara pengunjung mendatangi tempat wisata ini. Jika pengunjung membawa mobil, maka harus diparkir di tempat yang disediakan oleh pengelola wisata. Jadi, pengunjung harus berjalan kaki dari parkiran mobil yang kurang lebih membutuhkan sekitar 1,5 jam. Namun jika membawa sepeda motor, pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di tempat khusus yang juga disediakan pengelola. Pengunjung hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk tiba di lokasi wisata.

Air Terjun Tancak

Selama berjalan ke lokasi wisata, pengunjung akan disuguhi secara langsung keindahan alam lereng Gunung Argopuro. Mulai perkebunan kopi, kicauan burung, derasan air sungai yang jernih, serta udara yang sangat sejuk.

Menurut salah seorang warga lokal, Rauf, air terjun Tancak memberi nilai plus tersendiri bagi masyarakat setempat.

“Selain kami mengenalkan tempat ini ke wisatawan lokal maupun mancanegara, masyarakat setempat mendapatkan imbas secara langsung, salah satunya sektor ekonomi. Semoga ke depan wisata ini bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah daerah karena sangat potensial untuk menghidupkan roda ekonomi untuk masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Air Terjun TancakPada waktu tertentu, selain dapat menikmati keindahan air terjun yang jernih, pengunjung dapat melihat langsung hamparan bunga Begonia. Keindahan bunga Begonia tidak kalah dengan keindahan bunga Sakura yang berada di Jepang. Maka tak salah jika pengunjung menyebutnya sebagai Sakura lokal.

Hembusan udara yang segar nan asri, serta kicauan burung membuat pengunjung betah untuk menikmati pemandangan di lokasi wisata. Pengunjung juga dapat mandi di tepi air terjun sembari menikmati percikan air yang jatuh dari tebing yang sangat tinggi.

“Walaupun terbilang menguras banyak tenaga dari area parkir mobil, rasa lelah saya terbayar oleh keindahan air terjun ini. Airnya jernih dan juga banyak hamparan Bunga Begonia yang mekar sehingga menambah kecantikan alamnya,” tuturnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelum kita menuju tancak kita bisa mampir dulu sejanak sambil ngopi, karna untuk menuju tancak kita melewati taman boma yg sangat inda dan pas untuk menikmati sajian kopi kayangan.sebaiknya pengunjung mendatangi wisata ini saat musim kemarau. Karena jika musim hujan, akses menuju ke lokasi wisata becek dan licin.

Air Terjun Tancak

Lokasi

Terletak di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

8° 3′ 57.63″ S  113° 37′ 12.09″ E

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here